-->

Khasiat Daun Sangketan Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah adalah heliotropium indicum L, nama daerah juga adalahbandotan lombok, buntut tikus, ekor anjing, tusuk konde (melayu/sumatera); tulale gajah (sunda); gajahan, langun, uler-uleran, sangketan, cocok bero, tlale gajah (jawa), nama asingnya juga adalah, yaitu dai wei yao (cina). Tumbuhan ini banyak orang yang tidak mengetahuinya tetapi buat sebagian orang yang tahu akan tumbuhan ini pasti dimanfaatkan untuk obat tradisional alami yang baik untuk mengobati penyakit karena sejak zaman dulu obat tradisional alami ini sangat mujarab. Kali ini saya akan menjelaskan tentang khasiat daun sangketan untuk kesehatan tubuh yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit seperti di bawah ini saya akan jelaskan penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunannya agar mudah dilakukan di rumah.


Khasiat Daun Sangketan
tumbuhan sangketan
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Kandungan kimia sangketan, antara lain indicine, asetil indicine, dan indicinine. Anggota family Boraginaceae itu bersifat pahit, netral, dan toksik. Adapun khasiatnya, sebagai anti radang, pembunuh parasit, dan penghilamng gatal. Sangketan juga untuk mengatasi infeksi paru, radang tenggorokan, sariawan, diare, disentri, radang kulit bernanah dan haid.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian tanaman dapat di gunkan untuk mengatasi beragam penyakit berikut ini.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya, diantaranya :

Infeksi paru-paru, abses paru-paru, dan empyema

Cuci bersih 60 g tanaman segar, lalu, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan 1 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Sariawan

Ambil daun sangketan segar secukupnya, lalu cuci bersih. Lumatkan daun, lalu peras. Air perasan hasil tumbukan itu di gunkan untuk berkumur-kumur 4 kali sehari.

Disentri

Cuci bersih 60 g tanaman sangketan segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum ramuan itu sekaligus.

Catatan: Wanita hamil dilarang mengkonsumsi ramuan berbahan baku biji dan bunga sangketan karena dapat menyebabkan keguguran.

Tumbuhan ini sangat kaya akan manfaat dan khasiat terutama untuk kesehatan yang mampu mengatasi sekaligus mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti di atas yang sudah saya jelaskan dan semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat untuk semua. Kesehatan dalam tubuh kita sangat perlu sekali karena kesehatan no satu agar kita bisa selalu aktivitas dan hidup sehat secara alami.
SeeCloseComments