-->

Manfaat Khasiat Karet Kebo untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah karet kebo adalah ficus elastica roxb.
Karet kebo memiliki rasa pedas dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam karet kebo, di antaranya getah berupa senyawa karet (lateks). Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh karet kebo, di antaranya melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sakit (analgetik). Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya adalah bagian akar karet kebo dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Manfaat Karet Kebo
Gambar karet kebo (sumber : google.com)
Tumbuhan berbentuk pohon besar, tinggi bisa mencapai 20 - 30 m. Batang berkayu, silindris, warna coklat tua, permukaan halus, percabangan meyebar tak beraturan hingga membentuk pohon yang rindang, keluar akar-akar menggantung dari batang atau cabang yang sudah besar Daun tunggal, bertangkai, tersusun berseling (alternate), bentuk lonjong(elliptica), ujung dan pangkal meruncing (acuminatus), tepi rata, permukaan mengkilat (nitidus), pada pohon yang masih muda panjang daun +/- 35 cm, lebar +/- 15 cm, setelah pohon menjadi dewasa rata-rata panjang daun menjadi lebih kecil dengan panjang +/- 10-15 cm dan lebar +/- 5-7 cm, daun muda berwarna merah hati setelah dewasa menjadi hijau tua, kuncup daun muda tertutup dengan selaput bumbung (ocrea) berbentuk kerucut tajam berwarna merah muda Bunga muncul di ketiak daun, berwarna merah kusam, penyerbukan sangat tergantung pada satu jenis kumbang Buah bulat telur, panjang +/- 1 cm, berwarna kuning kehijauan Perbanyaan Generatif (biji) dan vegetatif (pemisahan anakan).

Penyakit yang dapa disembuhkan dan cara penggunannya :

Bisul
Cuci akar secukupnya sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi bubur, lalu bubuhkan di tempat yang sakit.

Berhenti haid pada usia subur (amenorrhoea sekunder)
Cuci bersih 40 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Maag
Cuci bersih 35 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Rematik sendi
Cuci bersih 30-50 g akar karet kebo, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Demikian saya uraikan penjelasan tentang manfaat karet kebo untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit yang perlu anda ketahui agar selalu hidup sehat secara alami dan semoga bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments