-->

Khasiat Temu Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah Curcuma mangga Val. Nama daerah kunir putih, temu bayangan, temu poh (jawa);temu pao (Madura);temu mangga, temu putih (melayu);koneng joho, koneng lalap, koneng pare (sunda). Temu mangga mungkin banyak orang yang tidak mengenali tumbuhan yang satu ini karena dari namanya saja sudah asing di teliga kita. Temu mangga memang banyak digunakan untuk mencegah penyakit sekaligus mengobatinya karena sangat mujarab.

Temu mangga sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh kita terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit sperti di bawah ini yang saya akan jelaskan tentang khasiat temu mangga untuk kesehatan tubuh kita yang sangat mujarab karena kaya akan kandungan kimia di dalamnya.

Khasiat Temu Mangga
Temu mangga
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Temu kaya kandungan kimia seperti tannin, kurkumin, amilum, gula, minyak asiri, dammar, saponin, flavonoid dan protein toksis yang dapat menghambat perkembangan sel kanker. Anggota family Zingiberaceae itu berbau aromatic seperti mangga, sebagai penurun panas, penangkal racun, pencahar dan antioksidan. Khasiatnya untuk mengatasi kanker, sakit perut, mengecilkan rahim setelah melahirkan, mengurangi lemak perut, menambah nafsu makn, menguatkan syahwat, luka, sesak napas, radang saluran napas, demam, kembung dan masuk angin.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian tanaman yang di manfaatkan sebagai obat adalah rimpang untuk mengatasi berbagai penyakit.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Pengecil rahim

Cuci bersih 100 g rimpang temu mangga segar, lalu parut. Peras hasil parutan, lalu saring airnya. Minum air hasil saringan sekaligus.

Penambah nafsu makan

Cuci bersih 25 g rimpang temu mangga. Tumbuk rimpang hingga halus, lalu di tambahkan 2 gelas air matng. Saring ramuan. Minum air hasil saringan sehari 2 kali sehari.

Pencegah kanker

Cuci bersih 100 g rimpang temu mangga segar, lalu parut. Peras hasil parutan, lalu saring airnya. Minum air hasil saringan sekaligus.

Itulah khasiat temu mangga yang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sering kita keluhkan karena sangat mengganggu kesehatan tubuh kita untuk beraktivitas sehari-hari. Semoga info yang saya jelaskan di atas dapa di coba di rumah dan semoga bermanfaat untuk kita semua jaga selalu kesehatan tubuh kita dari semua penyakit ya sahabat.
SeeCloseComments