-->

Khasiat Temu Kunci Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah Gastrochilus panduratum RidI. Nama daerah temu konci (bali), dumu kunci (bima), kunci (jawa), temu kunce (Madura), tampute (ternate), tamu konci (makasar), temu kunci (sunda). Nama asing suo shi, ow sun zhiang (cina);Chinese key (inggris).

Temu kunci merupakan salah satu tumbuhan yang banyak sekian orang tidak mengetahuinya karena darri namanya saja udah asing di telinga kita. Tumbuhan yang satu ini banyak sekali di gunakan untuk mengobati penyakit yang sering menyerang kesehatan kita. kali ini saya akan menjelaskan tentang khasiat temu kunci untuk kesehatan tubuh yang sangat mujarab dengan cara tradisional alami.

Khasiat Temu Kunci
temu kunci
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Temu kunci kaya kandungan kimia seneol, kamfer, d-borneol, d-pinen sesquiterpen, zingiberon, kurkumin, zedoarin, amilum, dammar, tannin dan pati. Khasiatnya sebagai pencahar, peluruh kencing, dan penghilang rasa sakit.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian tanaman yang di manfaatkan sebagai obat adalah rimpang untuk mengatasi berbagai penyakit.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Batuk kering dan sariawan

Cuci bersih temu kunci dan pinang (areaca catechu L.)secukupnya yang telah diris-iris. Kuyah kedua bahan tersebut, lalu airnya di telan dan ampasnya di buang.

Kembung dan susah kencing

Cuci bersih rimpang dan daun temu kunci serta adas pulosari. Giling ssemua bahan hingga halus. Tempelkan ramuan pada perut.

Kurap

Cuci bersih temu kunci secukupnya. Tambahkan belerang dan sedikit air kelapa muda ke dalam bahan. Giling semua bahan hingga menjadi seperti adonan. Balurkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit.

Begituh banyak tumbuhan yang sering kita jumpai di hutan atau kebun tetapi kita tidak tahu akan khasiat yang terkandung di dalamnya buat sebagian orang di manfaatkan dan di olah menjadi obat tradisional alami. Salah satunya tumbuhan temu kunci ini yang banyak sekali khasiatnya untuk mengobati penyakit-penyakit seperti di atas dan semoga info yang saya sampaikan bermanfaat untuk kita semua agar selalu menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai penyakit.
SeeCloseComments