-->

Manfaat Khasiat Bambu Tali Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Asparagus cochinenesis (Lour)Merr.
Nama daerah : asparagus (sunda)
Nama asing : chiritus dorn (Inggris)dan tian men dong (Cina).

Bambu tali memiliki rasa manis,pait dan bersifat mendinginkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bambu tali, diantaranya saponin, misalnya aglycone dan proto-sarsapogenin. Selain itu, bambu tali mengandung asparagines glukosa, fruktosa, 5-methoxymethylfufural, dan β-sitosterol. Bahan kimia akan masuk ke meridian paru-paru dan ginjal sehingga dapat membersihkan paru-paru, menyuburkan yin, serta merangsang produksi cairan tubuh.


Khasiat Bambu Tali
Gambar tumbuhan bambu tali (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis

Efek farmokologis yang di miliki oleh bambu tali,diantaranya antitoksin, antineoplastik,dan penurun panas. Selain itu, bambu tali dapat menambah daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan imunitas. Akan tetapi penderita batuk di karenakan flu dilarang menggunakan ramuan dari bambu tali. Hasil penelitian menunjukan bahwa bambu tali dapat menghambat sarcoma-180 pada tikus dan berbagai jenis leukemia pada manusi.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan pemanfaatannya
Bagian tumbuhan yang digunakan adalah umbi yang dikeringkan. Bagian tersebut dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Batuk darah,TBC,dan sakit kerongkongan
Cuci bersih 6-12 g umbi bambu tali kering lalu rebus, dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gela. Minum air rebusannya saat hangat. jika diperlukan, minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Kanker payudara,carcinoma,fibroadenoma,dan hyperplasia kelenjar payudara
Cuci bersih 20-40 g umbi bamboo tali kering lalu rebus dengan 2gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 gelas sehari. Ramuan ini, dengan cara pengobatan yang sama, dapat digunakan untuk mengobati kankerlimpa dan kanker darah (leukemia).

Kencing manis
Cuci bersih 6-12 g umbi kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan saat hangat 2 kali sehari sampai sembuh, masing-masing 1 gelas.


Nah itulah khasiat bambu tali bagi kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti di atas bisa di kategorikan penyakit besar maknnya lakukan cara tradisional ini karena biayanya sangat sedikit dan sudah terbukti khasiatnya.
SeeCloseComments