-->

Khasiat Daun Sawi Belanda Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan yang satu ini adalah lactuca indica L, nama daerah daun puning (melayu); sawi rana, lampens, tongo (sunda); kuban kayu rana, sawi belanda, tempuh wiyang (jawa). Tumbuhan ini sering kita konsumsi kalau mau makan kadang dijadikan lalapan atau sering jadi teman makan mie ayam atau mie rebus. Tumbuhan yang satu ini sering kita jumpai tetapi kita tidak tahu akan khasiat yang terkandung di dalamnya ternyata tumbuhan ini sangat baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti di bawah ini saya akan jelaskan tentang khasiat daun sawi belanda dri namanya juga sudah ada belandanya kira-kira tumbuhan ini peninggalan sejarah atau berasal dari negara Belanda?. Tidak usah difikirkan yang kita ambil dari tumbuhan ini khasiatnya aja ya buat kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Khasiat Daun Sawi Belanda
sawi belanda

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Sawi belanda kaya akan kandungan saponin, kardenolin, dan polifenol. Sementara itu, Efek farmokologisnya belum di ketahui. Tumbuhan ini ada nama Belandanya yang membedakan dari sawi-sawi biasa yang sering kita konsumsi sebagai lalapan makan nasi kita.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Tumbuhan ini dapat digunakan semuanya dari daun hingga batangnya. Tumbuhan ini banyak orang sering dijadikan lalapan karena cocok sekali menjadi teman makan di tambah sambal widih mantap.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya, diantaranya :

Peluruh air seni

Cuci bersih daun sawi belanda segar sebanyak 60 g. Tambahkan 1 gelas air. Rebus daun sampai mendidih selam 5 menit. Dinginkan, saring airnya, minum sekaligus airnya. Daun di makan sebagi lalpan.

Penyegar atou tonik

Cuci bersih daun sawi belanda segar sebanyak 30 g. Tambahkan 2 gelas air. Rebus daun sampai mendidih selam 15 menit. Dinginkan, lalu saring air rebusan. Minum air hasil saringan 2 kali sehari,masing-masing 1 gelas.

Ternyata tumbuhan ini selain dijadikan lalapan juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita terutama untuk mengobati berbagai penyakit seperti di atas yang sudah saya jelaskan yang dilengkapi dengan cara penggunaannya agar dapat anda lakukan di rumah. Semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat dan selalu jaga terus kesehatan tubuh kita dari semua penyakit ayo hidup sehat secara alami.
SeeCloseComments