-->

Manfaat Khasiat Patikan Kebo Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Euphorbia hirtha L.
Nama daerah : patiakn kebo, patikan jawa, kukon-kukon (jawa), gendong anak gelang susu (Jakarta); nanangkaan (sunda); sumo ibi, isu gibi, sosononga (Maluku).
Nama asing : da fei yang cao (cina).

Khasiat Patikan Kebo
patikan kebo tips kesehatan

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Patikan kebo mempunyairasa agak pahit, asam, bersifat sejuk dan sedikit beracun. Beberapa abahan kimia yang terkandung dalam patikan kebo diantaranya myricl alcohol, flavonoid, tannin, dan elagic acid pada bunga. Efek farmokologis patikan kebo diantaranya anti-inflamasi, Peluruh air seni, Dan menghilangkan gatal (antipuritic).

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian tumbuhan patikan cina segar atou kering dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Abses paru dan bronchitis kronis

Cuci bersih 1 genggam tumbuhan patikan kebo,lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air, lalu peras campuran sampai dihasilkan ½ mangkuk air perasan. Minum air hasil perasan sekaligus 1 kali sehari.

Asma

Cuci bersih 1 genggam daun patikan kebo kering, lalu rebus dengan 2-3 gelas air. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas pada pagi dan sore hari.

Disentri

Cuci bersih 15-24 g patikan kebo dan gula pasir (bila berdarah) atou gula enau (bila berlendir) secukupnya. Tambahkan air secukupnya, lalu tim. Minum air yang dihasilkan sekaligus 1 kali sehari.

Melancarkan kencing

Rebus 30-60 g tumbuhan patikan kebo segar dengan air secukupnya, lalu minum air hasil rebusannya 2 kali sehari.

Thypus abdominalis

Rebus 30-150 g herba patikan kebo segar dengan air secukupnya,lalu minum air hasil rebusan 3 kali sehari.

Demikian yang saya jelaskan kali ini tentang khasiat patikan kebo untuk kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sudah lengkap dengan cara penggunaannya dan semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua.
SeeCloseComments