-->

Manfaat Khasiat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Nothoxpanax scutalerium Merr.
Nama daerah : godong mangkokan (jawa); daun koin, daun mangkok, daun papeda (melayu); puring (Madura); mamnukan (sunda).
Nama asing : Soucer leaf, shell leaf (inggris).

Khasiat Daun Mangkokan
daun mangkokan tips kesehatan

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Beberapa abahan kimia yang terkaandung dalam pohon mangkok, diantaranya alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin (A,BdanC). Efek farmokologis pohon mangkok diantaranya anti-inflamasi, anti rasdang, peluruh air seni, dan anti rambut rontok.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun segar pohon mangkok dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bau keringat

Rebus 13 g daun mangkok dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas. Cara lainnya, makan daun mangkokan muda secukupnya sebagai lalap.

Luka

Cuci bersih daun mangkok segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Balurkan campuran ini pada bagian yang luka, lalu balut. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

Rombot rontok

Cuci bersih 25 g daun mangkokan segar, potong kecil-kecil, lalu tambahkan 100 ml minyak kelapa. Remas-remas daun mangkokan dan peras airnya. Oleskan [erasan pada kulit kepala seperti menggunakn minyak rambut sambil dipijat-pijat.

Susah kencing

Rebus 25 g daun mangkokan sekitar dengan 1 liter air sampai tersisa ½ liter. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 250 ml. Cara lainya, makan daun mangkokan muda secukupnya sebagai lalap.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang khasiat daun mangkokan untuk kesehatan tubuh yang bisa mengobati berbagai jenis macam penyakit seperti di atas yang sudah dilengkapi dengan cara penggunaannya semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat buat kita semua.
SeeCloseComments