-->

Manfaat Khasiat Tumbuhan Gandasuli untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah dari tumbuhan gandasuli adalah Hedychium coronarium Koen.
Tumbuhan gandasuli banyak yang tidak kenal oleh semua orang bahkan sangat asing namanya apalgi dengan tumbuhannya. Gandasuli sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita dan sangat kaya akan manfaat dan khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit yang merugikan kita.

Manfaat Tumbuhan Gandasuli
Gambar tumbuhan gandasuli (sumber : google.co.id)
Tumbuhan gandasuli memiliki rasa pahit dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan gandasuli, di antaranya glukosa, albumen, resin, resinous acid, selulosa, dan asam organik. Efek farmakologis tumbuhan gandasuli, di antaranya peluruh keringat (diaporetik) dan menambah nafsu makan (stomakik). Bunga dan rimpang tumbuhan gandasuli dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Demam Nifas

Cuci bersih 1 kuntum tumbuhan gandasuli, 30 g daun srigading (Nyctantes arbortritis Linn.), dan 30 g daun iler. rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Rematik

Cuci 15 g rimpang gandasuli, 15 g seluruh tumbuhan jukut pendul kering. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. saring air rebusannya lalu minum sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

Sakit Kepala, Pilek, dan Influensa

Cuci bersih 15 g rimpang gandasuli, 10 g seluruh bagian tumbuhan, tanpa akar, jukut pendul kering ( killynga brevifolia Rottb.), dan 10 g jahe. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu minun 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Saluran Pencernaan Terganggu

Cuci bersih 10 g buah gandasuli lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 bagian.

Nah itulah rincian tentang manfaat tumbuhan gandasuli untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui sebagai obat tradisional yang sangat berguna untuk mengobati berbagai penyakit seperti yang tertera diatas agar selalu waspada pada kesehatan dan tidak terjangkit penyakit.
SeeCloseComments