-->

Manfaat Khasiat Jengger Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Nama Ilmiah dari tumbuhan jengger ayam adalah Celosia cristata L.
Tumbuhan ini mungkin sangat aneh di kalangan masyrakat terutama anak zaman sekarang bahkan ada yang tidak tahu sama sekali dengan tumbuhan ini. Jengger ayam sangat kaya akan manfaat terutam untuk mengobati bahkan mencegah penyakit yang sangat merugikan kita, tetapi kita tidak tahu khasiat yang terkandung di dalam jengger ayam ini.

Manfaat Jengger Ayam
Gambar tumbuhan jengger ayam (sumber : google.co.id)

Jengger ayam memiliki rasa manis dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jengger ayam, di antaranya amaranthin, minyak lemak, kameferitrin, dan pinitol. Sementara itu, efek famakologis jengger ayam, antara lain masuk meridian lever dan ginjal, anti-radang, menghentikan pendarahan, menghentikan keputihan, serta menerangkan penglihatan mata. Bagian tumbuhan jengger ayam yang sering di gunakan untuk obat adalah bunganya, baik seger maupun kering. Jika ingin disimpan maka bunga sebaiknya dijemur terlebih dahulu. Bagian tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Batuk Berdarah (hemoptysis), Mimisan (epistaxis), dan Muntah Darah (hematemesis)

Rebus 15 g bunga jengger ayam dengan 30 g akar rimpang terate (nelumbium nelumbo Druce.) dan 15 g urang-aring (Eclipta prostata) dalam 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Disentri

Rebus 10 g tumbuhan jengger ayam dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin dan sampai sembuh.

Keputihan dan Infeksi Saluran Kencing

Rebus 15 g tumbuhan jengger ayam dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Wasir Berdarah

Cuci bersih 15 g bunga jengger ayam, 30 g akar rimpang teratai (Nelumbium nelumbo Druce.), dan 15 g urang-aring (Eclipta prostata). Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai terisisa 1 gelas, stelah dingin minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Pendarahan Rahim Saat tidak Haid

Cuci bersih 15 g bungan jengger ayam dan 30 g umbi daun dewa. Rebus kedua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.

Itulah rincian dan cara penggunaannya tentang manfaat jengger ayam bagi kesehatan tubuh kita yang berguna mengobati penyakit seperti di atas agar selalu hidup sehat. Selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments