-->

Manfaat Khasiat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Hibiscus rosa-sinensis L.
Nama daerah : bungong raga (Aceh), sama-sam (nias), bunga-bunga (batak), kembang wera (sunda), bunga raya (melayu), kembang sepatu, wara-wari (jawa), waribang (bali).
Nama asing : chinarose, shoe flower (inggris); fu sang (Cina).


Khasiat Kembang Sepatu
kembang sepatu (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Kembang sepatu memiliki rasa manis dan bersifat netral. Bahan kimi yang terkandung dalam bahan kimia yang terkandung dalam daun kembang seatu, diantaranya taraxeryl acetat. selain itu, bunga kembang sepatu mengandung cyaniding diglucosid, hibisetin, zat pahit dan lendir. Sementara itu efek farmokologis yang dimiliki oleh kembang sepatu, diantaranya antiviral, antiradang (anti-inflamasi), antidiuretik, menormalkan sirkulasi haid, dan meluruhkan dahak. Bunga kembang sepatu juga digunakan untuk mengobati air kencing bernanah (gonorrhea), batuk berdahak dan bernanah, batuk rejan (pertusis), bisul(furunculus), bisul di kepala anak, borok (ulcustripicum), disentri, haid tidak teratur(irregular menstruation), dan lain-lain.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga dan daun segar maupun kering dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Air kemih bernanah (gonnorhoea)

Cuci bersih 6 kuntum bunga kembang sepatu dan 15 g kembang sambiloto (Androgaphis paniculata)lalu rebus dengan 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusannya lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari.

Batuk lender dan berdarah

Cuci bersih 2 kuntum bunga kembang sepatu lalu di remas-remas.seduh dengan 400 ml air panas, lalu tutup dengan cawan selama semalam. Saring air esok harinya. Tambahkan madu lalu minum pada pagi hari sebelum makan.

Batuk rejan (pertusiss), radang saluran nafas (bronchitis)

Cuci bersih 2 kuntum bunga kembang sepatu,lalu giling sampai halus. Tambahkan 100 ml air matang hangat dan sedikit garam, lalu peras. Saring dan minum air perasan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Demam karena malaria

Rebus 50 g daun kembang sepatu, ½ lembar daun papaya (carica papaya), dan 10 g garam inggris (sulfas magnesicus)dengan ½ liter air sampai mendidih. Minum air rebusan saat masih hangat.

Gondongan (parotitis)

Cuci bersih 30 g daun atou bunga kembang sepatu, lalu rebus dengan 400 ml. Saring air rebusan dan minum 3 kali sehari dengan dosis yang sama.

Infeksi saluran kemih

Rebus 15 g akar kembang sepatu,25 g meniran,dan 30 g sambiloto dalam 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari.

Catatan :


  • Wanta hamil dilarang minum ramuan obat ini.
  • Setiap pengobatan di lakukan secara teratur. Untuk penyakit berat, tetap konsultasi pada dokter.
Nah itulah khasiat kembang sepatu bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang bisa saja menyerang kesehatan kita maka dari itu saya jelaskan di atas yang dilengkapi dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments