-->

Khasiat Kembang Pukul Empat Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Mirabilis jalapa L.
Nama daerah : Kembang pukul empat (jawa tengah), kederat (bali), bunga-bunga parengki (Roti), bunga ledonosok (Timor).
Nama asing : zi mo li (cina), marvel of peru (inggris).


Khasiat Kembang Pukul Empat
Kembang pukul empat (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Tumbuhan kembang pukul empat mempunyai rasa manis, tidak berbau, sejuk, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada buah kembang pukul empat, diantaranya zat tepung-lemak (4,3%); zat asam lemak (24,4%); dan zat asam minyak (46,9%). Selain itu pada bagian akar terkandung β-xanthins. Sementara itu efek farmokologis yang di miliki oleh kembang pukul empat diantarnya anti radang, meluruhkan air seni, memperlancar sirkulasi, dan menghambatkan aliran darah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Akar,daun,dan buah kembang pukul empat dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bisul

Cuci 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan, lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada bisuldan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain atou perban.

Infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis (diabetes meletus), kencing berlemak, keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervical erosion)dan radang sendi akut (acute arthiritis).

Rebus 9-15 g kering atou 15-30 g segar akar kembang pukul empat dengan 4 gelas sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Ingat semua penyakit pasti ada obatnya maka dari itu saya jelaskan di atas tentang khasiat kembang pukul empat bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit lengkap dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments