-->

Manfaat Khasiat Kayu Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Melaleuca leucadendron L.
Nama daerah : Kayu putih (jawa dan timor), kapape (Flores), kapuka (solor)nggela sole (Roti), aren (Alor).
Nama asing : cajuput oil tree, paper bark tree, melaleuca (inggris);bao qian ceng (cina).


Khasiat Kayu Putih
Tumbuhan kayu putih (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Kulit pohon kayu putih memiliki rasa tawar, netral, dan bersifat penenang. Daunya memiliki rasa pedas, kelat dan bersifat hangat. Kayu putih mengandung lignin, melaleucin, serta minyak asiri yang terdiri atas sineol 50-65%, alpha-terpineol, Valeraldehida, dan balzenndehida. Efek farmokologis kayu putih diantaranya, sebagai penghilang rasa sakit (analgetik), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, peluruh kentut (carminative), pereda kulit (spasmolitic), penambah nafsu makan, karminatif, dan obat sakit perut.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Kulit batang,daun,ranting, dan buah kayu putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Batuk,demam karena flu,sesak nafas (asma),sakit kepala dan sakit gigi

Rebus 13 g daun kayu putih dalam 2 gelas air sampai tersisa 1gelas.Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Lemah tidak bersemangat (neurasthenia),insomnia

Potong-potong 9 g kulit kayu putih muda kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Luka bernanah

Kuyah kulit kayu putih muda,sedikit jahe,dan asam.Tempelkan hasil kuyahan pada luka terbuka yang bernanah.Ramuan ini akan membersihkan luka dan mengisap nanah yang terdapat pada luka.

Radang kulit eczema,sakit kulit karena alergi

Cuci bersih 1 genggam daun kayu putih segar lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendididh.Biarkan air rebusan sampai hangat.lalu gunakan untuk mencuci bagian kulit yang sakit.

Rematik,nyeri pada tulang dan saraf (neuralgia),radang uses,diare,perut kembung

Rebus 9 g daun kayu putih kering dalam 2 gelas setelah dingin saring air rebusannya lalu minum,air rebusan di minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Nah itulah khasiat kayu putih bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang bisa mengganggu kesehatan kita maka dari itu saya jelaskan di atas lengkap dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments