-->

Manfaat Khasiat Jeruk Purut Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Citrus hystrix DC.
Nama daerah : jeruk purut (jawa), parale (makasar), lemon papeda (ambon), lemon titigila (ternate).
Nama asing : percupin orange (inggris), bai magrut (Cina).


Khasiat Jeruk Purut
Tumbuhan jeruk purut (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Jeruk purut memiliki rasa asin dan kelat dan bersifat setimulan serta penyegar.beberapa bahan kimia yang terkandung dalam jeruk purut, diantaranya daun minyak asiri 1-1,5%;steroid triteponoid;dan tanini 1,8%. Kulit buah mengandung saponin, tannin 15, steroid triterpenoid, dan minyak asiri dengan kandungan sitrat 2-2,5%.Sementara itu efek farmokologis jeruk purut, diantaranya antispasmodic dan antiseptic.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Buah jeruk purut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :


Influenza

Peras 1 butir jeruk purut seduh dengan ½ air panas lalu minum selagi hangat,lakukan 2 kali sehari masing-masing ½ cangkir.
Kulit kotor

Belah 1 butir jeruk purut menjadi 2, gosokan potongan jeruk purut pada bagian kulit yang kotor selama 30 menit,lalu bilas dengan air lakukan secara rutin sebelum tidur.

Rambut bau dan berketombe

Parut 1 butir jeruk purut tambahkan 1 sendik air matang lalu remas-remas sampai hancur.Saring air yang diperoleh lalu oleskan pada kulit kepala setelah keramas,lakukan secra ruti 2 kali seminggu.


Itulah sahabat khasiat jeruk purut bagi kesehatan yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang merugikan tubuh kita dan bisa juga untuk kesehatan rambut serta kulit tubuh kita terutama bagi wanita yang sering merawat tubuh dan rambutnya.
SeeCloseComments