-->

Manfaat Khasiat Jarak Wulung Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : jathropa Gossypipolia L.
Nama daerah : jarak ulung, (Lampung), jarak cina (Jawa tengah), kaleke jarak (Madura).
Nama asing : cotton leafed (inggris).


Khasiat Jarak Wulung
Gambar jarak wulung (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Sifat jarak wulung belum banyak di ketahui,tetapi bahan kimia jarak wulung yang di ketahui diantaranya alkaloid,tannin,kalsium oksalat,dan sulfur fectic substans.Selain itu minyak dari biji jarak wulung,mengandung co-carcinagenic esteris dari 12 –deoxy-16-hydroxypphorbal yang berfungsi sebagai anti kanker.Efek farmokologis yang dimiliki jarak wulung,diantaranya sebagaipencahar dan menghilangkan nafsu makan.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun dan biji jarak wulung dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :


Bengkak terpukul dan penyakit kulit

Cuci 3-4 helai daun segar jarak wulung sampai bersih,olesi dengan minya kelapa,lalu panaskan di atas api sampai layu.Tempelkan daun pada perut saat masih hangat.

Demam

Cuci 10-15 helai daun segar jarak wulung sampai bersih.rebus dengan air secukupnya.setelah mendidih gunakan air rebusan untuk mandi.

Susah buang air besar

Cuci 20 butir biji jarak wulung,sangria,lalu tumbuk sampai halus.seduh hasil tumbukan dengan 1 cangkir air panas.lalu minum sekaligus 1 cangkir sehari.

Demikian penjelasan tentang khasiat jarak wulung bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis macam penyakit seperti di atas yang sering mengganggu kesehatan maka dari itu kita harus menjaga kesehatan kita sebelum mengobatinya.
SeeCloseComments