-->

Manfaat Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Zingiber officinale Linn.Var.rubrum.
Nama daerah : halia barah,halia udang(Aceh);jahe sunti (jawa).
Nama asing : red ginger (inggris),khan jiang,chiang (Cina).


Khasiat Jahe Merah
Gambar tumbuhan jahe merah (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Jahe merah memiliki rasa pedas dan bersifat hangat.beberapa bahan kimia dalam jahe merah,antaralain gingerol,minyak terbang,limonene,a-linolenicacid,asparitic.β-sitosterol,tepung kanji,.Sementara itu efek farmokologis yang dimiliki oleh jahe merah.antaralai merangsan ereksi.Penghambat keluarnya enzim 5-lipoksigenase,dan siklo-oksigenase serta meningkatkan aktivitas kelenjar endorik.Selain itu jahe merah juga memilki efek farmokologis untuk memperlambat proses penuaan,merangsang regenerasi sel kulit,dan bahan pewangi.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Rimpang jahe merah dapat dimanfaakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Batuk kering menahun

Kuyah 15 g akar rimpang (rhizome),ambil airnya lalu telan.Lakukan 3 kali sehari pada pagi,siang dan sore hari setelah makan dengan jumlah yang sama.

Gatal-atal,luka lecet,terkena duri,dan luka tikam

Haluskan 15 g jahe,3 siung bawang merah,lalu tempelkan di tempat luka,lakukan secara rutin sampai sembuh.

Gigitan ular

Tumbuk halus 10-15 g jahe bersama ½ sendok the garamlalu tempelkan ramuan pada bagian yang terkena gigitan ular.Ramuan ini hanya sebagai pertolongan pertama.

Melestarikan gairah

Tumbuk halus 10 g jahe merah,30 g lengkuas(Languas galangal L),dan 5 g lada (Piper ningrum L).Peras 1 buah mengkudu (Morindo citrifolia L),Lalu campurkan airnya ke dalam tumbukan bersama 1 gelas air panas.Peras lalu saring campuran di atas sampai di peroleh segelah air ramuan.Tambahkan kedalamnya 5 g garam dapur,aduk sampai rata,lalu bagi menjadi 2 bagian masing-masing untuk suami dan istri.Minum bersama 1 sendok madu.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Cuci bersih 20 g jahe merah,20 g temulawak,20 g lempuyang wangi,lalu jemur sampai kering,Tumbuk halus semua bahan bersama ketumbar sampai menjadi bubuk lalu simpan dalam toples.Penggunaan ramuan ini adalah seduh 1 sendok makan bubuk dengan ½ gelas air mendidih,Tambahkna 1 sendok makan madu,aduk sampai rata,lalu minum ramuan 2 kali sehari dengan jumlah yang sama.

Obat kuat (afrodisiak)

Cuci bersih 10 g jahe merah,10g biji kucai,10 g biji pare kering,15 butir merica,dan 1 sendok the gula merah.Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Minum air rebusaan saat hangat sekaligus ulangi 2 kali sehari dengan dosis atou jumlah yang sama.

Itu dia penjelasan tentang khasiat jahe merah bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati penyakit yang sering mengganggu bagi kesehatan tubuh kita dan kita harus selalu jaga kesehatan kita ya sahabat.
SeeCloseComments