-->

Manfaat Khasiat Daun Inggu Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Ruta angusfolia (L).pers
Nama daerah : godong minggu (jawa tengah),aruda (melayu),inggu (sunda),anruda busu (Makasar).
Nama asing : rue (inggris).


Khasiat Daun Inggu
Gambar daun inggu (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Inggu memiliki rasa pahit,berbau aromayik,tetapi sedikit beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada inggu, antaralain minyak terbang, fenol, ester, rutin, glukosida, zat, samak, skimianin, kokusaginin, danberagapten. Sementara itu efek farmokologis yang dimilki oleh inggu diantaranya anti-kejang dan obat penenang.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun inggu beserta tangkai atou tanpa tangkai dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Demam,masuk angin dan pegal-pegal

Cuci bersih ½ daun herba inggu segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2¼.Setelah dingin,saring,lalu minum 3 kali sehari bersama 1 sendok makan madu,masing-masing ¾ gelas ramuan.

Eksim dan gudik

Cuci bersih 20 helai daun inggu,1 jari kuyit dan 1 sendok the beras.Tumbuk semua bahan sampai halus.Tambahkan sedikit air sehingga membentuk adonan,gosokkan adonan secara merata pada kulit yang terkena eksim atou gudik.

Kejang-kejang

Cuci bersih 15-20 g daun inggu segar,potong kecil-kecil,lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.setelah dingin,saring,lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Sakit gigi

Cuci bersih 3 helai daun inggu segar lalu tumbuk sampai halus.masukan hasil tumbukkan ke gigi yang berlubang lalu tutup dengan kapas.

Sakit lever

Cuci bersih 7 helai daun inggu segar lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1½ gelas.Setelah dingin,saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama.minum air rebusannya 2 kali sehari bersama 1 sendok the gula batu.masing-masing ¾ gelas.
Kontra indikasi: Wanita hamil dilarang minum ramuan daun inggu.


Demikian penjelasan tentang khasiat daun inggu bagi kesehatan tubuh yang mampu mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit seperti di atas yang sering menyerang kesehatan kita maka dari itu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dari sekarang ya sahabat.
SeeCloseComments