-->

Manfaat Khasiat Gambir Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah :Uncaria gambir (Hunter.) Roxb.
Nama daerah : sontang (batak); gambie (minangkabau); gabi, gagabere (Halmahera); gambe(ternate); gambir (jawa); gambhir (Madura).
Nama asing : gambier, white cutch (inggris).


Khasiat Gambir
Gambar tumbuhan gambir (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Gambir memiliki rasa pahit, tetapi semakin lama berubah menjadi manis. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gambir, diantaranya zat samak, dan asam katekutanat. Efek farmokologi yang dimiliki oleh gambir, diantaranya astringen, pencahar batuk, sakit kuning, dan anti-diare.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun dan getah gambir dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut. Gambir di jual di pasaran dalam bentuk kotak, agak keras, dan berwarna putih.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Campuran makan sirih

Rebus daun gambir,campur dengan dedak halus secukupnya,  bentuk kecil-kecil seperti kue, lalu jemur. Daun gambir ini digunakan untuk campuran makan sirih.

Diare pada anak

Cuci bersih 2 potong gambir di dalam segelas air dan 5 cm rimpat kuyit, lalu iris tipis-tipis kedua bahan tadi. Rebus semua bahan dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Untuk anak-anak berumur 3 bulan, berikan air rebusan 1sendok the/hari. Anak-anak berumur 4-5 bula, berikan 2 sendok the/hari dan untuk anak-anak beerumur 9 bulan, berikan sebanyak 3 sendok the/hari lakukan secara rutin sampai sembuh.

Serak,sakit pangkal tenggorokan dan sakit gusi

Cuci 1 potong gambir, rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Gunakan air rebusannya untuk berkumur dan telan sedikit saja.


Itulah yang saya jelaskan tentang khasiat gambir bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan kita maka dari itu kita harus cegah dengan cara tradisional yang terbukti ampuh sejak zaman nenek moyang kita dahulu.
SeeCloseComments