-->

Manfaat Khasiat Gadung Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Diocorea hispida Dennst.
Nama daerah : gadung ribo (minang kabau),gadung (sunda dan jawa),sikapa (makasar),salapa (bugis),bituke (gorontalo),gadu (bima).
Nama asing : bitter yam (inggris),bai su liang (Cina).


Khasiat Gadung
Gambar tumbuhan gadung (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Sifat dari gadung bloom banyak diketahui, Beberapa bahan kimia yang terkandung yang terdapat dalam dalam gadung diantaranya, diantaranya alkaloid, flavonoid, saponini, tannin, dan dioscorine (C13H19NO2). Perlu diketahui bahwa dioscorine pada umbi merupakan racun yang menyebabkan kejang. Oleh Karen itu, penggunaan umbi memerlukan penanganan khusus,seperti merendam umbi dalam air mengalir selama beberapa hari. Cara lainnya adalah memasaknya, misalnya direbus dengan banyak air diataasa yala api sedang dan dalam waktu yang lama. Efek farmokologis gadung diantaranya penurun panas, peluruh kenncing, pengencerdahak, dan menghilangkan yeri haid.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Umbi gadung dapat dimanfatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Kencing manis (diabetes meletus)

Cuci bersih 15 g umbi gadung segar dan 30 g biji avokad. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

Kusta

Cuci bersih 15 g umbi gudang, 5 g buah cabe jawa, 5 g biji lada, kelapa parut, dan gula merah secukpnya.Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Dinginkan, lalu saring, minum air rebusannya sekaligus saat hangat 1 gelas sehari dan balurkan ampasnya kebagian kusta.

Nyeri haid

Cuci bersih 10 g umbi gadung segar dan 20 g temulawak, Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligius saat hangat 1 gelas sehari.

Rematik

Cuci bersih 15 g umbi gadung segar dan 15 g jahe merah. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Itulah yang saya jelaskan tentang khasiat gadung bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati penyakit seperti di atas dan gadung ini bisa ditemukan di hutan sangat gampang sekali.
SeeCloseComments