-->

Manfaat Khasiat Daun Gandarusa Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah :justicia gendarusa Burm.f.
Nama daerah : besi-besi (Aceh);gandarusa(Melayu);handerasa gondorusa (sunda);puli (Ternate)
Nama asing : bog u dan (Cina).


Khasiat Daun Gandarusa
Gambar daun gandarusa (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Gandurasa memjiliki rasa pedas,sedikit asam,dan bersifat netral.Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam gandurasa,diantaranya justicin,minyak asiri,kalium,dan alkaloid yang sedikit beracun.Efek Farmokologis gandarusa di antaranya memperlancar peredaran darah dan anti-rematik.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun gandarusa,baik segar maupun kering,dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Bisul dan patah tulang

Cuci bersih 50 helai daun gandarusa segar atou 30 helai daun gandarusa segar atou 15 g daun kering gandarusa kering lalu tumbuk sampai halus.Tambahkan 1 seloki arak dan 2 sendok makan cuka,aduk menjadi adonankental. Balurkan adonan dibagian bisul ataun tulang yang patah lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

Memar dan keseleo

Cuci bersih 30 g daun gandarusa segar atou 15 g daun kering lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Dinginkan,saring,lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Rematik

Cuci bersih 40 g daun gandarusa segar atou 20 g daun kering lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Dinginkan,saring,lalu minum 2 kali sehari,masing-masing ½ gelas.

Kontra indikas : Wanita hamil dilarang minum ramuan gandarusa.

Itulah penjelasan tentang khasiat daun gandarusa bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan kita seperti di atas maka dari itu saya jelaskan di atas lengkap dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments