-->

Manfaat Khasiat Daun Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Graptophyllum pictum (L.)Griff.
Nama daerah : pudin (Simular),godong ungu (jawa),handeleum (Sunda),karaton (Madura),temen (bali),kadi-kadi (Ternate),dandongo-dongo(Tidore).
Nama asing : caricature plant (inggris).


Khasiat Daun Ungu
Gambar tumbuhan ungu (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan daung ungu,diantaranya alkaloid non-toksik,glikosid,steroid,saponin,tannin,kalsium oksalat,asam formic dan lemak.Efek farmokologis daun ungu diantaranya peluruh kencing mempercepat pemasakan bisul pencahar (ringanmild laxative),dan pelembut kulit (emoilent).Bunga untuk haid tidak lancer,sedangkan daun untuk sembelit dan wasir.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian daun,kulit batang,dan bungadaun ungu dapat dimanfatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Haid tidak lancar

Cuci bersih 1 genggam bunga daun ungu kering,seduh dengan 5 gelas air panas.Minum air seduhan beberapa kali sampai habis dalam sehari.

Wasir

Cuci 10 g daun ungu segar,rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Dinginkan,saring,lalu minum 2 kali sehari,masing-masing ½ gelas.

Sembelit

Cuci bersih 7 helai daun ungu segar,rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Dinginikan,saring,lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Nah itulah khasiat daun ungu bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan kita maka dari itu lakukakan pengobatan tradisional alami dan semoga infonya bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments