-->

Manfaat Khasiat Bungur Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : lagerstromea indica L.
Nama daerah : bungur (Sunda), kelangi (jawa), bhungor (Madura), bungur (melayu), bungur kuwal (Lampung).
Nama asing : crape myrtle (inggris); zi wey hua, tzu hui (Cina).


Khasiat Bungur Kecil
Gambar tumbuhan bungur kecil ( sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Tumbuhan bungur kecil memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada daun bungur kecil, diantaranya decinine, decamine, lagerine, largerstroemine, dihydroverticillatine, dan decodine. Selain itu akar pada akar terkandung osiitosterol-3dan 3,4 –trimethylellagic acid.Efek farmokologis bungur kecil, diantaranya merancang sirkulasi darah, menghentikan pendarah, anti radang, meluruhkan kemih, pengelat, dan menetralkan racun. Selain itu bukan kulit kayu dan kayu bersifat pencahar atou purgative.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga, akar, dan kulit kayu dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.


Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Batuk darah (hemoptysis), muntah darah (hematemesis), dan bunga air besar berdarah

Cuci bersih 30 g akar bungur kecil lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas.Setelah dingi,saring ,lalu minum 2 kali sehari masing-masing ¼ gelas.

Bisul (furunculus) dan koreng

Cuco bersih 30 g akar bungur kecil lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.saring air rebusannya lalu minum saat hangat 1 gelas sehari.

Biduran (urtikaria)

Cucu bersih 30 g akar bungur kecil sampai bersih lalu di rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring air rebusnnnya,lalu minum 1 gelas sehari.

Campak

Cucu bersih 30 g akar bungur kecil sampai bersih lalu di rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring air rebusnnnya,lalu minum 1 gelas sehari.

Disentri

Cuci bersih 15 g daun bungur kecil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air,setelah airnya tersisa 1 gelas saring lalu minum saat hangat 1 gelas sehari.

Eksim

Cuci bersih akar atou daun bungur kecil secukupnya lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih.Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian yang terkena eksim.

Radang payudara

Cuci bersih daun bungur kecil secukupnya,tumbuk sampai halus,lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

Sakit kuning

Cuci bersih 15 g akar bungur kecil dan 15 g daun bungur kecil lalu rebus dengan 2 gelas air tersisa sampai tersisa 1 gelas.Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Kontra indikasi : Wanita hamil dilarang minum rebusan bungur kecil.

Itulah yang saya jelaskan tentang khasiat bungur kecil bagi kesehatan tubuh yang berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti di atas yang sering kita keluhkan karena mengganggu kesehatan dan kita bisa sakit dan tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari.
SeeCloseComments