-->

Manfaat Khasiat Tumbuhan Buni Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Antidesma bunius (L) Spreng
Nama daerah : wuni (jawa dan sunda), buni (Melayu), burneh (Madura), burne tedong (Sulawesi).
Nama asing : Chinese laurel (inggris), u ye cah(cina).


Khasiat Tumbuhan Buni
Gambar tumbuhan buni (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Buni memilki rasa asam dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buni, diantaranya saponin, tannin, flavonoid, dan friedelin. Kulit batangnya mengandung alkaloida yang beracun sehingga sehingga penggunanya harus di perhatikan. Efek Farmokologis buni, diantaranya menghilangkan haus, menghilangkan racun, meluruhkan keringat, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Buah, daun, dan ranting buni dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Jantung berdebar

Cuci bersih 25 butir buah buni masak,6 helai daun muda kacang piring (gardenia jasminoides Ellis),10 helai daun sembung (Blumea balsimefera L.),Kulit kayu manis sebesar1 jari,dan jahe sebesar ½ jari.Rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air. Tambahkan gula enau sebesar 2 jari yang di cuci dan di potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah air rebusan tersisa 2 gelas,Minum 2 kali sehari masing-masing 1gelas.

Penutup luka

Tumbuk 10 lembar daun buni sampai halus,tempelkan ketempat luka,lalu balut dengan kain atou perban.Ganti tumbukannya 2 kali sehari lalu balut kembali.

Menambah darah dan membersihkan darah kotor

Cuci 50 butir buah buni masak,2 jari asam kawak,dan ¾ jari rimpang kuyit.Tumbuk semua bahan sampai halus,tambahkan ½ gelas air matang,1 sendok makan madu,lalu aduk rata.Peras ramuan lalu saring.Minum sekaligus air saringan yang di peroleh 2-3 kali sehari.

Sifilis

Cuci bersih 50 butir buah buni masak,50 helai daun sambiloto,7 helai daun keji beling,10 helai daun paria hutan,10 helai daun pegagan,dan 1 jari batang brotowali.potong-potong semua bahan,lalu rebus dengan 4 gelas air.Tambahkan 3 jari gula enau ke dalam rebusan setelah air rebusan tersisa 2 gelas,dinginkan,lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak.Minum ramuan 3 kali sehari masing-masing 1 bagian.

Tekanan darah tinggi

Cuci bersih 30 butir buah buni masak lalu kuyah samoai halusTelan daging buahnya dan buang bijinya.Setelah selesai menguyah dan menelan segera minum 1 gelas air hangat.Lakukan hal yang sama 2-3 kali sehari.

Itu dia sahabat penjelasan tentang khasiat tumbuhan buni bagi kesehatan yang mampu mencegah dan sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita seperti yang saya jelaskan di atas.
SeeCloseComments