-->

Manfaat Khasiat Bunga Tasbih Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Canna indica L.
Nama daerah : ganyol leuweung, sebe, sebeh, tasbeh(Sunda); gayong wana , gayong alas, puspa midra, puspa nidra, puspa nyidra, kembang gedang (Jawa); buah tasbeh, sebek, sigi-sigi, sabeh (Jakarta); tasbih (Madura); milu-milu(bali); bunga tasebe (bugis); tasube(ternate); gayong hutan (melayu)
Nama asing :bread shot (inggris), mei ren jiao(Cina)


Khasiat Bunga Tasbih
Gambar bunga tasbih (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Tumbuhan bunga tasbih memiliki rasa agak manis dan sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bunga tasbih diantaranya 6 substansi fenol, yaitu 2-terpene dan 4-coumarine, pati, glukosa, lemak, alkaloid, serta getah. Efek Farmokologis bunga tasbih, diantaranya anti piretik, menurunkan tekanan darah, (hipotensif), dan penenang(sedatif).

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian bunga kering, akar dan rimpang segar maupun kering, daun, serta biji dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Ambeien

Cuci bersih 40 g akar bunga tasbih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas.
Disentri kronis

Siapkan 15-30 g akar rimpang kering,atou 30-60 g jika kondisi segar.Rebus bahan tersebut dengan 2,5 gelas air sampai airnya tetrsisa 1 gelas.Saring air rebusan lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Haid terlalu banyak, kepala pusing(Vertigo) dan batuk berdarah

Cuci 20 g akar atou rimpang bunga tasbih dan 15-30 g kulit delima kering,Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.saring,lalu minum 1 kali sehari.

Jerawat (atnec vulgaris)

Haluskan akar atou rimpanng segar bunga tasbih secukupnya lalu tempelkan ke bagian yang terkena jerawat.

Keputihan

Cuci bersih 20 g akar rimpang bunga tasbih dan 15-30 g kulit delima kering.rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas,saring,lalu minum 1 kali sehari.

Kanker kandungan

Cuci 60 g akar bunga tasbih ,60 g rumput mutiara (hedyotis corimbosa) dan 50 g daun sambiloto,(Andrographis paniculata).Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas air.Saring air rebusannya,lalu di bagi menjadi 2 bagian diminum 2 kali sehari.

Keseleo

Haluskan akar atou rimpang segar lalu campurkan dengan terigu yang telah di sangria.Tambahkan arak putih secukupnya lalu tempelkan kebagian yang sakit.

Menghentikan pendarahan

Rebus 10-15 g bunga tasbih dan 60 g rimpang teratai dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Saring air rebusan lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Pembengkakan kelenjar limpa

Rebus 60 g bunga tasbih dengan 4 gelas air. Tambahkan 1 ons daging kedalamnya lalu biarkan sampai mendidih dan airnya tersisa 1,5 gelas. Saring air rebusannya lalu diminum sekaligus 1 kali sehari dan makan dagingnya.

Radang kulit bernanah (piodermi) dan luka berdarah

Haluskan akar atou rimpang bunga tasbih secukupnya lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Sakit kuning

Cuci 60 g bunga tasbih dan 30 g daun serut atou mirten (Stretblus asper lour).Sampai bersih lalu di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring lalu bagi menjadi 2 bagian untuk diminum 2 kali sehari.

Demikian artikel yang saya jelaskan tentang khasiat bunga tasbih bagi kesehatan yang berguna untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis peyakit seperti yang saya jelaskan di atas bagi anda yang ingin sehat lakukan pengobatan tradisional alami ini sesuai dengan caranya ya sahabat.
SeeCloseComments