-->

Manfaat Khasiat Bunga Pagoda Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Ceodendrum japonicum (Thunb.) Sweet.
Nama daerah : tumbak raja (Bali), singgugu (Sunda), srigunggu(Jawa), tinjau handak (Lampung), punggur tosek (Madura).
Nama asing : pagoda flower (inggris), bai jek hong (Cina).


Khasiat Bunga Pagoda
Gambar bunga pagoda (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Bagian akar bunga pagoda memiliki rasa pahit dan dingin; sedangkan bagian daun memiliki rasa manis, asam agak kelat, serta bersifat netral. Sementara itu bagian bunganya memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Bahan kimia yang terkandung dalam bahan kimia tumbuhan bunga pagoda belum banyak diketahui, tetapi beberapa efek farmokologis yang sudah diketahui adalah antiradang, peluruh kencing, menghilangkan bengkak, dan menghisap nanah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian bunga, batang, daun, dan akar yang dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Koreng berdarah

Cuci berasih bunga pagoda secukupnya lalu giling sampai halus,Campurkan madu secukupnya,lalu aduk sampai rata sehingga membentuk salep.Oleskan salep daun bunga pagoda ini pada tempat yang berkoreng.

Luka terpukul

Cuci bersih 30-90 g akar bunga pagoda lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Setelah dingin,saring air rebusan,lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Susah tidur (insomnia)

Cuci bersih 30-90 g akar bunga pagoda dan 15 g jahe dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring air rebusannya,lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Sakit pinggang dan rematik terasa ngilu

Cuci 30-60 g akar bunga pagoda dan 10 g jahe merah.Rebus bersama gula secukupnya dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.Setelah dingin ,saring air rebusan lalu minum 1 gelas sehari.

TBC paru yang disertai batuk dan batuk berdahak

Rebus 30-90 g akar kering bunga pagoda dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.setelah dingin,saring air rebusannya,lalu minum 2 kali sehari,masing-masing ½ gelas.

Wasir berdarah

Rebus 60 g bunga atou 60 g akar kering dengan 200 g usus sapi dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Minum air rebusan 2 kali sehari,masing-masing 1 gelas.makan usus sapi sekaligus habis.


Nah itulah yang dapat saya sampaikan tentang khasiat bunga pagoda bagi kesehatan tubuh yang berfungsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sering mengganggu kesehatan tubuh kita maka dari itu lakukan pengobatan tradisional ini dengan baik dan teratur.
SeeCloseComments