-->

Manfaat Khasiat Bangkuang Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Asparagus cochinenesis (Lour)Merr.
Nama daerah : asparagus (sunda)
Nama asing : chiritus dorn (Inggris) dan tian men dong (Cina).

Tumbuhan bangkuang memiliki rasa manis, dingin, dan bersifat sejuk serta mendinginkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bangkuang, diantaranya pchyrizon, rotenone, vitamin B1, dan vitamin C. Daun dan bijinya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan umbinya mengandung protein, fosfor, besi, vitamin A, B1, C.
Khasiat Bangkuang
Gambar tumbuhan bangkuang (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Efek farmokologis bangkuang diantaranya demam dan obat sakit kulit.Akan tetapi bagian biji dan daunya mengandung racun. Oleh karena itu, untuk mengurangi keracunan maka jumlah penggunaan dari dua bagian tumbuhan tersebut perlu di perhatikan.


Bagian tumbuhan yang di gunakan dan pemanfaatannya
Meskipun umbi bertunasnya mengandung racun, bagian daun dan biji dari tumbuhan bangkuang dapat di mangfaatkan untuk mengobati penyakit. Selain itu bagian umbi bangkuang juga dapat di mangfaatkan untuk hal yang sama. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan tumbuhan bangkuang diantaranya.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

1. Beri-beri
Cuci 300 g umbi bangkuang sampai bersih, dikupas,lalu makan. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

2. Demam
Kupas umbi bangkuang secukupnya, buat menjadi manisan, lalu dimakan. Ulangi hal yang sama sampai demamnya sembuh.

3. Diabetes meletus
Cuci 1-2 umbi bangkuang sampai bersih, parut, peras, lalu saring, Minum air yang di saring sekaligus secara teratur setiap pagi dan malam.

4. Penyakit kulit dan eksim
Cuci bersih umbi bangkuang secukupnya sampai bersih, parut, lalu tempelkan pada kulit yang terkena penyakit.

5. Sariawan
Cuci bersih umbi bangkuang secukupnya, kupas kulitnya lalu masukan ke dalam belender. Tambahkan segelas air matang dan madu secukupnya lalu buat minuman jus. Minum jus umbi bangkuang sedikitnya 1 gelas sehari.

6. Wasir
Cuci bersih umbi bangkuang yang bersih, kupas kulitnya, masukan kedalam belender, tambahkan air secukupnya,lalu buat minum jus, atau diekstrak untuk ambil sari buahnya. Minum jus bangkuang setiap bangun tidur pagi. Lakukan secara teratur setiap bangun tidur pagi.

Catatan : Penggunaan umbi yang bertunas harus hati-hati karena beracun!!!

Itu dia sahabat yang dapat saya jelaskan tentang khasiat bangkuang untuk kesehatan tubuh yang berguna mengobati berbagai macam penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita dan kita selalu jaga kesehatan agar terbebas dari penyakit ya sahabat.
SeeCloseComments