-->

Manfaat Khasiat Ekor Kucing untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah ekor kucing adalah Acalypha hispida Burm. F.
Daun ekor kucing mungkin sangat aneh ditelinga kita dan asing, tetapi sebagian orang sudah tau tentang ekor kucing dan sering dijadikan obat tradisional. Ekor kucing sangat berguna untuk kesehatan tubuh yang kaya akan manfaat dan khasiatnya yang perlu anda ketahui untuk mengobati penyakit.

Manfaat Ekor Kucing
Gambar ekor kucing(suber : google.co.id)

Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ekor kucing memiliki rasa manis, bersifat sejuk, dan kelat. Bebrapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ekor kucing, di antaranya acalyphin, flavonoid, saponin, dan tanin. Efek farmakologis ekor kucing, di antaranya menghentikan pendarahan dan meluruhkan air seni. Bunga dan daun ekor kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Menutup Luka Berdarah

Cuci bersih 7 helai daun ekor kucing segar, tumbuk sampai halus, lalu tambahkan air sehingga membentuk adonan. Tempelkan pada luka berdarah lalu balut dengan kain atau perban.

Muntah Darah

Cuci bersih 30 g bunga mentah ekor kucing, 30 g gula enau, lalu tumbuk sampai halus. Makan hasil tumbukan sekaligus habis. Lakukan 3 kaali sehari.

Cacingan, Disentri, dan Radang Usus

Cuci bersih 10-30 g bunga ekor kucing lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 gelas sehari.

Kusta

Cuci bersih daun ekor kucing secukupnya, tambahkan kencur sebanyak separuh jari dari jumlah daun, lalu tumbuk halus sampai menyerupai bubur. Oleskan merata pada bagian yang terkena kusta. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Kulit Kehilangan Pigmen (vertiligo)

Cuci bersih 7 helai daun segar dan 1/2 ibu jari kencur lalu giling sampai halus. Tambahkan edikit air sehingga membentuk adonan, aduk sampai rata. Borehkan pada bagian kulit yang kehilangan pigmen lalu balut dengan kain atau perban. Lakukan 2 kali sehari.

Demikian rincian dan penjelasan tentang manfaat ekor kucing untuk kesehatan tubuh yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit yang merugikan kita dengan cara tradisional alami. semoga bermanfaat buat semua dan selamat mencobanya dirumah agar selalu sehat secara alami.
SeeCloseComments