-->

Manfaat Khasiat Gatep Pahit untuk Kesehatan Tubuh

Tumbuhan gatep pahit nama ilmiahnya adalah Quassia indica (Gaertrn.) Noteboom.
Tumbuhan gatep pahit banyak orang tidak mengenalinya bahkan sebagian orang tidak tahu dengan tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan ini ternyata menyimpan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita agar terhindar dari penyakit.


Manfaat Gatep Pahit
Gambar gatep pahit (sumber : google.co.id)
Gatep pahit memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan gatep pahit, di antaranya samaderine (C29, H34, O10) yang beracun, zat samak, glukosida, dan damar. Efek farmakologis gatep pahit, di antaranya tonik dan penurun panas. Bagian biji, kulit, daun, dan inti gatep pahit dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara penggunaannya :

Ketombe

Tumbuk 50 g daun gatep pahit sampai halus, lalu gunakan untuk keramas setiap mau mandi minimal 3 kali sehari.

Kurang Nafsu Makan

Cuci bersih 30 g kulit kayu gatep pahit, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Kolera

Cuci bersih 50 g biji gatep pahit lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Sakit Kepala dan Penurun Panas

Rebus 50 g kulit kayu gatep pahit dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Demikian tentang manfaat gatep pahit untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk mengobati berbagai penyakit seperti yang tertulis diatas dengan cara pengobatan tradisional alami agar selalu menjaga kesehatan tubuh kit a dari penyakit.
SeeCloseComments