-->

Manfaat Khasiat Cakar Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah cakar ayam adalah selaginella deoderleinii hieron.
Dalam farmakologi Cina tumbuhan cakar ayam memilki rasa manis dan bersifat hangat. Bahan kimia yang terkndung di dalam cakar ayam belum banyak diketahui, tetapi beberapa efek farmakologis cakar ayam sudah diketahui di antaranya antipiretik, antitoksin, antikanker, menghentikan peredaran, dan pembersih darah. Seluruh bagian tumbuhan, baik kondisi kering maupun segar, dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti berikut ini.


Manfaat Cakar Ayam

Tumbuhan yang satu ini sangat unik darinamanya, tetapi di balik semua itu terdapat khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan dan untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit. Sepintas tumbuhan ini mirip kaya rumput laut ya, tetapi tumbuhan ini mempunya ciri tersendiri. Berikut di bawah ini saya akan jelaskan penyakit apa saja yang dapat disembuhkan oleh tumbuhan yang satu ini dilengkapi dengan cara penggunaannya agar mudah untuk dicoba di rumah anda.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Hepatitis, Perut Busung (ascites), Pengecilan Hati (sirosis), dan Infeksi Akut Saluran Kencing

Cuci bersih 15-30 g seluruh bagian tumbuhan kering cakar ayam. Rebus di atas api kecil bersam 5 gelas air selama 3-4 jam sampai mendidih, lalu saring. Minum air rebusan 3-5 kali sehari sampai habis.

Infeksi Saluran Nafas Akibat Batuk, Radang Paru, Radang Amandel(tonsilitis), Serak, dan Bronkhitis

Cuci bersih 30 g seluruh bagian tumbuhan cakar ayam diatas api kecil bersama 5 gelas air selama 4 jam, lalu dinginkan. Saring air rebusan lalu minum beberapa kali sampai habis. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

Tulang Patah atau Retak, dan Rematik

Cuci bersih 15-30 g seluruh bagian tumbuhan cakar ayam, rebus di atas api kecil bersama 5 gelas air 3-4 jam lalu dinginkan. Saring air rebusannya lalu minum beberapa kali sampai habis. Untuk obat luar, lumatkan seluruh bagian tumbuhan cakar ayam secukupnya, lalu tempelkan ke bagian yang patah. Obat luar ini dilakukan jika patahnya tertutup dan posisi tulang baik.

Demikian penjelasan tentang manfaat cakar ayam untuk kesehatan tubuh kita yang perlu diketahui yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti yang tertera di atas dengan cara pengobatan tradisional alami.
SeeCloseComments