-->

Manfaat Khasiat Ganyong Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan ganyong adalah cannna edulis ker. Kandungan kimia dan efek farmakologis, ganyong memiliki rasa manis dan bersifat dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ganyong, di antaranya flavonoid, saponin, kalsium, garam fosfat, zat besi, dan folifenol. Efek farmakologis ganyong, di antaranya anti-radang, anti-tekanan darah tinggi, peluruh kencing, dan anti-diare. Bagian yang digunakan dan femanfaatannya adalah bagian umbi dalam bentuk utuh maupun tepung dapat dimanfaatkan untuk mengobati berberapa penyakit seperti yang tertera dibawah ini.

Manfaat Ganyong
Gambar tumbuhan ganyong (sumber : google.com)

Konon tanaman ganyong berasal dari amerika selatan sekitar 2500 tahun sebelum masehi dan masyarakat telah menggunakan ganyong sebagai bahan konsumsi sebelum mereka mengenal padi maupun singkong.

Di Indonesia ganyong tumbuh dengan baik sekitar tahun 1905 dengan sentra produksi terdapat di jawa tengah, jawa timur dan bali. Tanaman ganyong cukup tangguh karena tahan terhadap suhu dan medan, meskipun ia di tanam di bawang naungan namun batang dari tanaman ganyong cukup rapuh dan tidak tahan terhadap terjangan angin yang kuat.

Tanaman ganyong yang belum dewasa umbinya akan tetap berwarna keunguan, bila umbi sudah cukup dewasa akan mongering dan seolah olah mati saat musim kemarau, namun sebenarnya tidak, karena bila musim penghujan dating rampang dari tanaman ganyong akan membentuk tunas lagi.

Di Indonesia terkenal dengan beberapa varian ganyong berwarna keunguan dan ganyong berwarna putih, ganyong berwarna keuanguan biasanya dimakan segar dengan cara direbus dan ganyong putih biasanya di buat sebegai tepung ganyong.

Pada masa modern ini keutamaan ganyong biasa diambil patinya maka Anda mungkin pernah mendengar tentang pati ganyong. Umbi ganyong yang masih muda biasanya di rebus secara langsung, disayur dan bahkan di bakarpun rasanya sangat enak.

Umbi ganyong sangat baik untuk sumber karbohidrat, kandungan dalam 100 gram ganyomg :

Kalori 95 kkal

Protein 1 gram

Lemak 0.1 gram

Karbohidrat 22.6 gram

Kalsium 21 mg

Fosfor 70 mg

Besi 20 mg

Vitamin B1 100 mg

Vitamin C 10 mg

Air 75 gram

Ganyong memiliki komponen kimia berupa serat pangan dengan kadar yang cukup tinggi sehingga sangat baik dicerna oleh usus bayi atau orang yang sakit. Cara membuat tepung ganyong dengan kualitas baik adalah menggunakan cara basah, yaitu dengan cara mengendapkan pati ganyong yang telah dikeringkan sebelumnya menggunakan oven atau sinar matahari. Dengan mengolahnya menjadi bentuk tepung, maka dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk berbagai produk olahan pangan, salah satunya adalah bubur instan.

Bahan baku utama untuk membuat bubur adalah karbohidrat, yaitu yang diperoleh dari tepung ganyong dan beberapa bahan campuran seperti beras merah, kacang hijau, santan, susu, dan lain-lain. Setelah itu, proses selanjutnya adalah melakukan instanisasi terlebih dahulu pada beberapa komponen penyusun bubur. Proses instanisasi dilakukan dengan memasak biji-bijian atau komponen penyusun yangtelah berbentuk tepung menjadi sebuah adonan kental. Campuran adonan ini kemudian dikeringkan menggunakan alat pengering. Hasil dari pengeringan ini lalu dihancurkan dengan pisau sehingga menghasilkan bubuk bubur instan berukuran 60 mesh. Sebaiknya, untuk memperpanjang umur simpan dari bubur instan, simpanlah pada wadah tertutup rapat.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Diare

Parut 20 g umbi ganyong, seduh dengan1/2 gelas air panas, aduk, lalu saring. Minum sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 3 kali sehari.

Nyeri Lambung

Cuci bersih 15 g umbi ganyong, 15 g rimpang temulawak, 15 biji jali yang sudah direndam beberapa hari, dan 15 g daun sambiloto. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus saat hangat.Lakukan 2 kali sehari dengan cara yang sama.

Demikian saya jelaskan tentang manfaat ganyong bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui agar selalu memanfaatkan tumbuhan yang satu ini yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit agar kita selalu menjadi orang sehat.
SeeCloseComments