-->

Khasiat Tumbuhan Kunci Pepet Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : kaemferia angustifolia Rosc.
Nama daerah : kunci pepet (jawa tengah), kunci pepet (Jakarta), kunci kunit (sunda), kance pet (Madura)
Nama asing : ciok yek san nai (cina).

Khasiat Tumbuhan Kunci Pepet
Tumbuhan kunci pepet
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Kunci pepet memiliki rasa sepat dan agak sdikit pahit. Beberaa bahan kimia yang terkandung dalam kunci pepet, diantaranya alkaloids, saponin, flavonoid, polifenol dan minyak asiri. Sementara itu efek farmokologis yang di miliki kunci pepet diantaranya astringent, antidiare, antidisentri, dan karminatif (peluruh kentut).

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Rimpang dan bunga kunci pepet dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Mulas

Iris-iris 10 g rimpang kunci pepet segar, lalu rebas dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring air rebusan lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Pelangsing

Iris-iris 10 g rimpang kunci pepet segar, lalu rebas dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring air rebusan lalu minum 3 kali sehari dengan dosis yang sama.

Pengumpalan darah dan mengencerkan nanah pada luka organ dalam

Potong tipis-tipis 20 g rimpang kunci pepet dan 30 g daun sambiloto, lalu rebus dengan 600 ml air sampai tersisa 300 ml. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 kali sekali saat hangat.

Catatan :

  • Wanita hamil dilarang minum ramuan ini
Cara mengeringkan : Cuci bersih, uapkan, jemur, lalu giling sampai menjadi serbuk.

Seperti halnya kehidupan itu banyak sekali penyakit entah itu menimpa ke siapa namanya juga hidup pasti mengalami sakit kali ini saya jelaskan tentang khasiat tumbuhan kunci pepet bagi kesehatan yang mampu mengobati penyakit seperti di atas lengkap dengan cara penggunaannya dan semoga info yang saya berikan ini bermanfaat buat kita semua agar selalu sehat.
SeeCloseComments