-->

Manfaat Khasiat Kunir Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Curcuma alba L.
Nama daerah : temu putih (melayu), kunir putih (jawa), kunir putih (Yogyakarta), berbeda dengan kulit kuyit putih kaemferia rotunda L yang biasa di sebut temu gomyok.

Khasiat Kunir Putih
Kunir putih
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam rimpang daun kunir putih, diantaranya saponin dan polifenol. Efek farmokologis yang di miliki oleh kunir putih diantaranya, menghentikan pendarahan, anti-inflamasi, menambah nafsu makan, dan antineoplastik (merusak pembentukan ribosom pada sel kanker).


Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Rimpang dan daun kunir putih dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Menambah nafsu makan

Cuci bersih 25 g rimpang kunir putih,kupas kulitnya, lalu belender dengan 2 gelas air. Saring airnya lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Mengecilkan rahim

Cuci bersih 100 g rimpang kunir putih segar, kupas kulitnya, parut, lalu peras. Saring hasil perasan lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Minum ½ sendok teh serbuk kunir putih 3 kali sehari dengan air.

Sakit maag, nyeri lambung

Seduh 1 ½ sendok the serbuk kunir putih dengan 1 cangkir air panas. Minum seduhan kunir putih 3 kali sehari sebelum makan.


Seperti biasanya kali ini saya jelaskan artikel tentang khasiat kunir putih bagi kesehatan tubh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang bisa membhayakan kesehatan kita seperti di atas yang saya lengkapi dengan cara penggunaannya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua ya sahabat.
SeeCloseComments