-->

Manfaat Daun Sambang Colok Bagi Kesehatan

Nama ilmiah Aerva sanguiloenta BI.
Nama daerah Ki samabang (sunda);gondong kasih, sambaing colok (jawa). Tanaman ini sekilah dari namanya saja pasti banyak orang yang tidak mengetahui bahkan tidak tahu sama sekali. Tanaman ini ternyata mempunya manfaat yang terkandung di dalamnya terutama buat kesehatan. Memang semua tanaman mempunyai manfaat yang tidak kita ketahui tanaman ini saja ternyata bisa menncegah sekaligus mengobati berbagai jenis gejala dan penyakit terutama masalah perempuan seperti nyeri haid, radang rahim, sulit berurine nah perlu diketahui agar kita tidak tergantung dengan obat warung, apotek, dan dokter karena biayanya sangat mahal anda bisa melakukan cara tradisional ini selain biayanya murah tidak mengandung bahan kimia lagi.

Manfaat Daun Sambang Colok
Daun sambang colok
Seperti dibawah ini yang akan saya jelaskan tentang manfaat daun sambang colok yang sudah saya lengkapi dengan cara-cara penggunaannya yang sangat mudah untuk dilakukan atau dicoba di rumah.

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Sambang colok kaya kandungan kimia seperti sapoonin, dan minyak asiri. Anggota family Amaranthaceae itu memiliki sifat diuretic,anti-inflamasi dan antipiretik.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bagian tanaman yang di gunakan sebagai bahan baku obat tradisional adalah daun untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Nyeri haid
Cuci bersih 10 g daun segar. Rebus bahan dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

Sulit berurine
Cuci bersih 10 g daun segar. Rebus bahan dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

Radang rahim
Ambil 20 g daun segar, lalu cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan sekaligus.

Itulah yang saya sampaikan tentang manfaat daun sambang colok untuk kesehatan tubuh kita yang mampu mencegah sekaligus mengobatii berbagai jenis penyakit seperti di atas terutama buat perempuan agar selalu menggunakan cara tradisional yang bebas dari bahan kimia.
SeeCloseComments