-->

Manfaat Khasiat Daun Puring Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Codiaeum variegatum (L.) BI.
Nama daerah : puring, karotan, katomas (jawa); tarimas, silastom, nasalou, pudieng (Sumatra); susurite, salu-salu, ai haru, daliho (Maluku).
Nama asing : croton (inggris), bian ye mu (cina).

Khasiat Daun Puring
daun puring tips kesehatan


Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Puring mempunyai rasa pahit, bersifat dingin, dan beracun. Akar dan kulit batangnya berasa pedas. Bahan kimia yang terkandung dalam puring, diantaranya adalah getahnya mengandung tannin. Efek farmokologis puring, diantaranya melancarkan peredaran darah, peluruh keringat, dan pencahar ringan.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun, ranting muda, akar, dan kulit batang puring dapat di gunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Cacingan, nafsu makan berkurang, sambelit, kejang lambung, kehilangan selera, dan penyakit saluran kencing pada anak

Rebus 11 g ranting puring muda dengan 3 gelas air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Sakit perut pada anak

Tumbuk sampai halus daun puring berwarna kuning (Coroton varegatum Belvalen )yang masih muda dan secukupnya. Tambahkan sedikit air samapi menjadi bubur. Balurkan bubur ini pada perut anak.

Sifilis

Cuci bersih 1 batang puring utuh, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 2 ½ gelas. Dinginkan, saring, bagi menjadi 3 bagian yang sama. Tamabahkan gula secukupnya, lalu minum rebusan 3 kali sehari.

Sukar berkeringat dan eksim

Rebus 11 g daun puring dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Nah itulah yang dapat saya sampaikan tentang khasiat daun puring untuk kesehatan yang bisa mencegah sekaligus mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti di atas yang sudah saya lengkapi dengan cara-cara penggunaannya yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah anda.
SeeCloseComments