-->

Manfaat Khasiat Pandan Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Pandanusamaryllifolius Roxb.
Nama daerah : pandan wangi (jawa); seuke bangu, seuke musan (Aceh); pandan musang (sumbar); pandan jau (batak); pandan bunga (sumbar); pandan rempai, pandan wangi (Jakarta); pandan rampe, pandan sengit (sunda); pondang (Minahasa).
Nama asing : screw pine (inggris); lu eou su, ban lan ye (cina).

Khasiat Pandan Wangi
pandan wangi tips kesehatan
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Pandan wangi mempunyai bau yang harum (aromatic) dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pandan wangi, diantarnya alkaloid, saponin, flavonoid, tannin, polifenol, dan zat warna. Efek farmokologis panda wangi, diantarnya menguatkan saraf, menambah nafsu makan, dan penenang, lemah saraf, tidak nafsu makan, sakit disentri gelisah, tekana darah tinggi, rambut rontok, dan ketombe.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun segar panda wangi dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Ketombe

Cuci bersih 7 lembar daun kembang pandan wangi segar, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 100 ml air, aduk rata, lalu saring. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala sampai merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas rambut dengan air, lakukan secara teratur.

Lemah syaraf

Cuci bersih 5 lembar daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil, Rebus dengan 600 ml air sampai tersisa 400 ml. Setelah dingin, saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari pagi dan soreharoi masing-masing 200 ml.

Tekanan darah tinggi

Cuci bersih daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan daun pandan dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Tidak nafsu makan

Cuci bersih 10 g daun pandan wangi segar, lalu potong kecil-kecil, seduh potongan daun pandan dengan ½ gelas air panas. Setelah dingin, saring lalu minum 2 kali sehari pagi dan sore masing-masing ¼ gelas.

Itulah yang saya jelaskan kali ini tentang khasiat pandan wangi untuk kesehatan tubuh terutama untuk mengobati berbagai jenis macam penyakit yang merugikan kesehatan kita seperti di atas yang sudah saya lengkapi dengan cara penggunaannya ya sahabat semoga bermanfaat buat kita semua jaga selalu kesehatan kita karena sehat itu mahal.
SeeCloseComments