-->

Manfaat Khasiat Ketepeng Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Cassia tora L.
Nama daerah : ketepeng cilik (jawa), ketepeng (jawa tengah), ketepeng leutik (sunda), galenggeng kecil (melayu), pepo (timor).
Nama asing : jue ming si (cina).


Khasiat Ketepeng Kecil
Ketepeng kecil (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Ketepeng kecil memiliki rasa manis, pahit,asin dan bersifat agak dingin. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam biji segar ketepeng kecil, diantaranya chryzophanol, emodin, aloe-emodinrehin, physcion, obtusin, toraloctone, dan vitamin A. Bahan kimia masuk ke meridian (membersihkan) dan meridian ginjal (menguatkan). Sementara itu efek farmokologis yang dimiliki oleh ketepeng kecil, diantaranya untuk pengobatan radang mata, peluruh air seni, dan pelancar buang air besar.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Biji ketepeng kecil yang sudah dikeringkan dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Cacingan pada anak

Lumatkan 9 g bubuk biji ketepeng kecil dan 1 pasang hati ayam, tambahkan sedikit arak putih. Aduk campuran tersebut dan bentuk menjadi lempengan, lalu kukus. Minum ramuan 1 kali sehari.

Hepatitis, perut busung air(ascites), dan sirosis

Rebus 5-15 g biji ketepeng kecil, lalu minum 2 kali sehari.

Radang mata merah, luka kornea, rabun senja, dan glukoma

Campur serbuk atou bubuk ketepeng kecil dengan the secukupnya, lalu tempelkan pada kedua pelipis (pada kedua titik akupuntur tay yang atou istimewa).

Sulit buang air besar (habitul constipation)

Rebus 5-15 g biji ketepeng kecil, lalu minum 2 kali sehari.

Tekanan darah tinggi

Sangrai (goreng tanpa minyak), 15 g biji ketepeng kecil sampai kuning, lalu giling hingga terasa kesat.Rebus atou seduh dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya. Minum hasil rebusan atou seduhan sebagai pengganti teh, 2 kali sehari.

Itulah yang saya sampaikan tentang khasiat ketepeng kecil bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang sering menggangu kesehatan kita maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan dengan minum obat tradisional alami.
SeeCloseComments