-->

Khasiat Tumbuhan Patikan Cina Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Euphorbia thymifolia L.
Nama daerah : nanagkaan gede, usep nano (sunda), gelang pasir, ki mules, krokot cina, patikan cina (jawa); jalu-jalu cina (Maluku).
Nama asing : xiao fei yang cao (cina).

Khasiat Patikan Cina
tumbuhan patikan cina tips kesehatan
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Patikan cina mempunyai rasa agak asam dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam akar patikan cina, diantaranya Myricyl alcohol, taraxerol, tirucalol, kamzuiol, dan hentriacontane. Semetara itu, batang dan daun patikan cina mengandung cosmosiin. Efek farmokologis patikan cina diantaranya anti-inflamasi, peluruh air seni, penghilang gatal, dan astringen.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian tumbuhan patikan cina segar atou kering dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Abses payudara

Tumbuk halus patikan cina segar bersama gula enau secukupnya, lalu tempelkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang membengkak. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

Disentri basiler

Cuci bersih 15-30 g tumbuhan patikan cina kering atou 30-60 g segar. Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Enzema, dermatitis, dan kulit gatal

Rebus herba patikan cina segar secukupnya, lalu gunakn air rebusan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

Herpes zoster

Tumbuk halus 1 genggam patikan cina segar dan 1 buah bawang putih, lalu tambahkan air dingin. Balurkan hasil tumbukan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

Wasir berdarah

Cuci bersih ½ genggam patikan cina, ½ patikan kebo, 1 jari rimpang kuyit, dan 3 jari gula enau. Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Seperti biasa semua penyakit emang tidak kita harapkan dan sangat mengganggu kesehatan kali ini saya jelaskan tentang khasiat patikan cina yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas yang sudah lengkap dengan cara penggunaannya dan selalu jaga terus kesehatan kita ya sahabat.
SeeCloseComments