-->

Khasiat Daun Penawar Jambe Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Cycas revolute Thunb. Daun penwara jambe mempunyai rasa manis,asam,bersifat agak hangat,dan beracun. Bunga penawar jambe berasa manis, agak hangat, dan sedikit toksik. Biji penawar jambe berasa pahit, netral, dan bersifat toksik.

Khasiat Daun Penawar Jambe
daun penawar jambe tips kesehatan
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun penawar jambe, diantaranya cycasin 0,027-0,061%(beracun dan berguna sebagai anti kanker). Efek farmokologis daun penawar jambe, diantaranya menghentikan pendarahan (hemostatic), anti radang, menghilangkan rasa sakit. Bunganya sebagai analgetik, mencegah basah seprma, menghilangkan darah beku, dan melancarkan sirkulasi darah. Biji penawar jambe dapat menurunkan tekanan darah(hepotensif), sedangkan akr bersifat antirematik dan melancarkan sirkulasi darah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun, biji dan akar penawar jambe segar atou kering dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Darah tinggi dan TBC paru dengan batuk berdarah

Rebus 13 g daun penawar jambe kering atou 10-15 g biji dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum air rebusan ini 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Disentri

Campur 15 tets getah penawar jambe, 1 sendok makan madu, dan ¼ gelas air matang,lalu aduk hingga rata. Minum campuran tersebut 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Kanker

Rebus 13 g daun penawar jambe kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Kesulitan melahirkan

Rebus 3 tangkai daun penawar jambe segar dengan 3 mangkuk air sampai tersisa 1 mangkuk setelah dingin. Minum air rebusannya 2 kali sehari masing-masing ½ mangkuk.

Muntah darah dan batuk darah

Seduh 3 kuntum bungan penawar jambe dengan 1 cangkir air mendidih, tambahkan gula batu secukupnya lalu di tim. Setelah dingin, minum airnya 2 kali sehari dengan dosis sama.

Haid tidak teratur

Bakar daun penawar jambe kering sampai menjadi abu, lalu tambahkan 6 g abu dan arak merah secukupnya. Minum campuran ini 1 kali sehari.

Catatan :
  • Biji dan bonggol penawar jambe bagian atas beracun.Sehingga pemakaiannya harus berhati-hati.
  • Gejala keracunana yang ditimbulkan antara lainpusing, muntah-muntah.
  • Cara mengatasi keracunan dilakukan dengan merangsang muntah untuk mencuci lambung.
Seperti biasanya kali ini saya telah menjelaskan tentang khasiat daun penawar jambe untuk kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis macam penyakit seperti di atas yang sudah saya lengkapi dengan cara penggunaannya semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua dan selalu jaga terus kesehatan kita.
SeeCloseComments