-->

Manfaat Khasiat Daun Ki Saat Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Valeriana officinalis L.
Nama daerah : Valerian (jawa), ki saat (sunda).


Khasiat Daun Ki Saat
Tumbuhan ki saat (sumber : google.com)

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Ki saat mempunyai rasa agak pedas, agak pahit, dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ki saat, diantaranya minyak asiri yang berisi ester borneol (campuran asam valerianat, butirat, asetat, dan formiati)terpen, dipenten, terpineol, bonilakohol, alkaloid-alkaloid katinina dan valerianina, zat penyamak, lemak, serta abu. Efek farmokologis yang dimiliki oleh akar ki saat adalah sebegai penenang.

Tumbuhan ki saat ini banyak orang yang tidak mengetahuinya, tetapi dibalik semua itu terdapat khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita terutama unutk mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit. Seperti dibwah ini saya akan jelaskan tentang khasiat dan cara penggunaan daun ki saat untuk mengobati penyakit semoga info yang saya sampaikan bermanfaat buat kita.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan pemanfaatannya
Akar dan daun ki saat dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Gelisah

Tumbuk sedikit akar ki saat, lalu tambahkan air secukupnya. Saring air, lalu minum sekligus 1 kali sehari.

Keputihan

Rebus setengah genggam daun ki saat dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusannya,lalu minum 2 kali sehari.

Demikian penjelasan tantang khasiat daun ki saat bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang selalu menyerang kesehatan kita di atas lengkap dengan cara penggunaannya dan semoga info yang saya berikan bermanfaat buat kita semua.
SeeCloseComments