-->

Khasiat Ki Tajam Atau Dandang Gendis Untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Clinacanthus nutas landau.
Nama daerah : ki tajam (sunda), dandang gendis (jawa), gendis (jawa tengah)


Khasiat Ki Tajam atau Dandang Gendis
Tumbuhan ki tajam atau dandang gendis (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ki tajam, diantaranya saponin dan polifenol. Efek farmokologis yang di miliki ki tajam, diantaranya mengefektifkan fungsi kelenjar tubuh, diantaranya mengefektifkan fungsi kelenjar tubuh, meningkatkan sirkulasi diuretic, antidemam, dan anti diare.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun segar ki tajam dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Disentri

Rebus segenggam daun segar ki tajam dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Kencing manis

Rebus 7 lembar (untuk sakit ringan/gejala awal)atou 21 lembar (untuk sakit berat) daun segar ki tajam dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan 2 kali sehari.

Susah kencing

Rebus 15 g daun ki tajam segar dalam air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin,saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Catatan :


  • Resep untuk kencing manis tidak tercatat dalam literature, tetapi di daerah jawa biasa di gunakan untuk penyakit tersebut.
  • Efek abortivum tumbuhan ini belum di ketahui. Oleh sebab itu, wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan obat ini.
Nah itulah khasiat ki tajam atau dandang gendis bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh kita maka dari itu saya jelaskan di atas lengkap dengan cara penggunaannya.
SeeCloseComments