-->

Manfaat Khasiat Tumbuhan Bugenvil Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Bougainvillea galabra Choisy.
Nama daerah : Kembang kertas (Melayu).
Nama asing : bougainvill flower (inggris), ye zi hua (Cina).

Bunga yang satu ini sering kita jumpai depan rumah akan tetapi kita tidak tahu khasiatnya dan gimana caranya. Di bawah ini saya akan jelaskan tentang khasiat tumbuhan bugenvile yang saya lengkapi dengan cara penggunaannya.


Khasiat Tumbuhan Bugenvil
Gambar tumbuhan bugenvil (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Bugenvil mempunyai rasa pait, kelat dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bugenvil, diantaranya betanidin, isobetanidin, 6-0–β-saphorosid, dan 6-0 rhamnosysophoroside. Efek farmokologis bugenvil,diantaranya melancarkan peredaran darah.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Bunga dan batang bugenvil dapat di manfatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

1. Bisul
Cuci bersih bunga bugenfil dan daun cocor bebek (kalancohoe pinnata {Lam}pers), secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul pecah. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

2. Biang keringet dan gatal-gatal (pruritis)
Cuci bersih bunga bugenfil, daun sirih (piper betle L.) dan daun lidah buaya (Aloe vera L.) yang sudah dikupas masing-masing secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringet dan bagian yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang. Ramuan ini di gunakan sebagai obat luar.

3. Hepatitis
Cuci 15 g batang bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.

4. Haid tidak teratur
Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil dan 15 g umbi rumput teki (Cyprus rotundus L.) sampaibersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 1 gelas sehari.

5. Keputihan (leucorrhea)dan yeri haid (dysmenorrheal)
Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa sampai 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

6. Sakit waktu haid dan darah haid menggumpal
Cuci bersih 15 g bunga bugenfil, 15 g bunga mawar, dan 70 g daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

7. Terlambat haid
Cuci bersih 15 g bunga bugenfil, 15 g temu hitam (Curcuma aeruginosa roxb), dan 90 g daun lidah buaya (Aloe vera L.) yang telah dikupas. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

DEmikianlah penjelasan tentang khasiat tumbuhan bugenvil bagi kesehatan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan kita lengkap sudah saya jelaskan dengan cara penggunaannya ya sahabat.
SeeCloseComments