-->

Manfaat Khasiat Kembang Telang Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah :Clitoria ternate L.
Nama daerah : Bunga biro (melayu), kembang telang (sunda), kembang telang (jawa), bunga temen raleng (bugis).
Nama asing : butterfly pea (inggris), die dao (cina).


Khasiat Kembang Telang
Kembang telang (sumber : google.com)
Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Kembang telang mempunyai akar yang beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada kembang telang, diantaranya saponin, alkaloid, flavonoid, ca-oksalat, dan sulfur. Tumbuhan ini mengandung kaemferol 3-glucosida, dan triterporoid, sedangkan bunganya mengandung delphiridin 3,3,5’, trigulocosida dan fenol. Sementara itu efek farmokologis yang di miliki akar kembang telang, diantaranya laxative (pencahar), diuretic, perangsang muntah, dan pembersih darah. Daun kembang telang mempercepat pematangan bisul, Sedangkan bijinya dapat di gunakan untuk obat cacing dan pencahar ringan.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Seluruh bagian tumbuhan kembang telang dapat di manfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

Abses dan bisul

Tumbuk halus kembang telang berwarna biru secukupnya, lalu tambahkan gula jawa secukunya, Gunakan campuran ke dua bahan tersebut untuk menurap bisul atou abses. Selain itu rebus akar kembang telang putih,lalu minum air rebusannya. Air rebusan ini bermanfaat untuk mencuci darah.

Demam, menghilangkan dahak pada bronchitis kronis, iritasi kandung kemih, dan saluran kencing

Rebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1gelas.

Radang mata merah

Rendam kembang bunga telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air hingga air rendaman menjadi biru. Gunakan air rendaman untuk mencuci mata.

Sakit telinga

Cuci bersih daun kembang telang, lalu lumatkan. Ambil air perasannya, tambahkan garam lalu oleskan di sekitar telinga yang sakit saat masih hangat.

Demikian yang dapat saya sampaikan artikel tentang khasiat kembang telang bagi kesehatan tubuh yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit seperti di atas lengkap dengan cara penggunaannya ya sahabat semoga infonya bermanfaat buat kita semua.
SeeCloseComments