-->

Manfaat Khasiat Daun Anyang-Anyang Bagi KesehatanTubh

Nama ilmiah : Elaeocarpus grandiflora
Nama daerah : anyang-anyang, kayu ayang (jawa);ambit kemaitan, raja sor, dan rejasa (sunda). 

Tumbuhan anyang-anyang ini sangat banyak orang yang tidak mengetahuinya karena sepintas tumbuhan ini tidak mempunyai manfaat dan khasiat, tetapi tumbuhan ini sangat banyak sekali khasiat yang terkandung di dalamnya terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sering mengganggu kesehatan tubuh kita sehingga aktivitas kita sehari-hari sering terganggu bahkan tidak bisa melakukan apa-apa karena tubuh kita lemas saat sakit. 

Khasiat Daun Anyang-Anyang
Gambar daun anyang-anyang (sumber : google.com)
Terbukti sejak zaman nenek moyang kita dahulu ramuan-ramuan tradisinal alami ini sangat mujarab karena bahannya alami tidak tercampur bahan-bahan kimia yang bahkan bahan kimia itu mlah menambah penyakit yang di derita kita makaannya saya jelaskan dan anjurkan minumlah ramuan tradisional alami agar badan kita selalu sehat secara alami yang terbebas dari penyakit.

Kandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Ayang-ayang memiliki rasa pait dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ayang-ayang diantaranya minyak terbang, zat samak dan ubar merah pada bunga. Bagian bunganya mengandung saponin, zat pahit, dan elakorpit. Efek farmologis yang dimilki oleh anyang-anyang diantaranya penurun panas, antiinflamasi, dan sebagai astringen.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan pemanfaatannya
Bagian tumbuhan yang digunakan untuk penyembuhan penyakit, diantaranya daun, buah, getah daun, batang dan biji. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan anyang-anyang adalah sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :

1.Air kencing sedikit ayang-anyangen
Cuci bersih 2-5 g buah anyang-anyang kering, tumbuk lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya sekaligus secara rutin 1 gelas sehari.

2.Borok dan bisul
Cuci bersih daun muda anyang-anyang secukupnya, tumbuk halus lalu tempelkan pada kulit yang terkena borok dan bisul.

3.Mencret menahun,sakit kepala sebelahatou migren
Cuci bersih 250 g kulit batang anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus 1 gelas sehari.

4.Sariawan
Cuci bersih 250 g kulit buah anyang-anyang lalu rebus dengan 2 gelas sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu gunakanuntuk berkumur. Lakukan secara rutin 1 kali sehari.

Nah itu dia sahabat tentang khasiat daun anyang-anyang bagi kesehatan tubuh yang terbukti mampu mengobati berbagai jenis macam penyakit yang saya jelaskan di atas dan selalu jaga kesehatan anda ya sahabat.
SeeCloseComments