-->

Manfaat Khasiat Daun Ginje Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah : Thevetia peruvina (pers.)K.Schum.
Nama daerah : ginje (Jawa),ki hujan (sunda).
Nama asing : huang hua jia zhu tao.


Khasiat Daun Ginje
Gambar tumbuhan ginje (sumber : google.com)
BKandungan Kimia dan Efek Farmokologis
Ginje memiliki rasa pedas, pahit, bersifat hangat dan mengandung racun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ginje, antaralain thevetin A, thevetin B,peruvoside, nemfolin, cerberin, perusitin, thevelene, danneriperside. Sementara itu, efek farmokologis ginje, antara lain penguat jantung (cordiotonic), peluruh kemih, obat cacing (anthelmitic), dan penghilang bengkak.

Bagian tumbuhan yang di gunakan dan Pemanfaatannya
Daun, kulit batang, tangkai, akar, dan biji dari buah ginje masak yang telah di jemur dapat dimanfaatkan untuk menangani serta mengobati beberapa penyakit dan permasalahan sebagai berikut.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya :


Membunuh serangga

Tumbuk seluruh bagian tumbuhan ginje secukupnya 2 ltr air, lalu aduk sampai rata. Gunakan untuk menyemprot serangga.

Radang di pinggir kuku (paronichya)

Cuci 10-15 helai daun ginje segar, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air, 1 sendok makan madu, lalu aduk sampai rata. Simpan tumbukan yang telah bercampur air dan madu ke dalam wadah yang kering untuk digunakan beberapa kali. Ambil ramuan secukupnya dari dalam wadah lalu oleskan menyeluruh pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

Catatan : Tumbuhan ginje sebaiknya tidak di gunakan sebagai obat minum atoupun di makan dalam keadaan segar karena beracun.

Nah itulah penjelasan tentang khasiat daun ginje bagi kesehatan yang mampu mengobati berbagai keluhan penyakit dan dapat digunakan untuk membunuh serangga ya sahabat semoga infonya bermanfaat buat semua.
SeeCloseComments