-->

Manfaat Khasiat Gempur Batu Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah dari tumbuhan gempur batu ini adalah borreria hispida schum. Kandungan kimia dan efek farmaklogis tumbuhan gempur batu beberapa bahan kimia yang terkandung ddi dalamnya, di antaranya flavonoid, saponin, dan polifenol. Efek farmakologis gempur batu, di antaranya peluruh kencing dan mencegah pembentukan batu ginjal. Namun, tumbuhan gempur batu sebaliknya jangan di berikan pada penderita penyakit yang mnyerang perut . Hal tersebut dikarenakan dalam pemakain yang lama, gempur batu, dapat melemahkan usus. Bagian yang dapat digunakan dan pemanfaatannya adalah bagian daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberpa penyakit seperti berikut.

Manfaat Gempur Batu
Gambar tumbuhan gempur batu (sumber : google.com)
Tanaman gempur batu ini biasa tumbuh di hutan-hutan secara liar, di tanah ladang yang agak sedikit lembab dan tanaman ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Secara fisik, daunnya berbentuk tombak dan memiliki akar, daunnya bertekstur kasar. Tanaman gempur batu ini memiliki bung yang berbentuk kecil-kecil berwarna putih. Tanaman gempur batu ini memiliki khasiat untuk pengobatan karena mengandung senyawa kimia seperti kalium, flavonoid, saponin, dan polifenol. Dimana senyawa kimia tersebut berkhasiat sebagai astringen (mengikat cepat). Karena itulah tanaman ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit batu empedu, menyembuhkan luka luar, susah buang air dan batu ginjal. Bagian tanaman yang biasanya dijadikan bahan obat herbal adalah seluruh bagian tanamannya.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Menghancurkan Batu Ginjal, Kandung Kemih, dan Empedu

Cuci bersih 4 ranting gempur batu dan 7 batang tanaman meniran beserta akarnya. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Lakukan secara rutin selama 1 bulan.

Obat Diare Luar

Cuci bersih batang dan daun gempur batu segar, masing-masing secukupnya, lalu giling halus bersama buah adas secukupnya. Tapalkan hasil gilingan yang telas halus pada bagian perut.

Susah Kencing

Cuci bersih 15 g daun segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai mendidih. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Seperti halnya tumbuhan lain kali ini saya mencoba jelaskan tentang manfaat gempur batu bagi kesehatan yang terbukti mampu mengobati berbagai penyakit yang merugikan kesehatan tubuuh kita agar selalu hidup sehat lakukan cara tradisional ini.
SeeCloseComments