-->

Manfaat Khasiat Daun Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah ciplukan adalah Physallis pruviana L.
Dalam farmakologi Cina, disebutkan ciplukan memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam ciplukan, di antaranya chlorogenik acid (C27, H44, O-H2O), asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, gula,vitamin C, dan elaidic acid.


Manfaat Daun Ciplukan

Efek farmakologis yang dimiliki oleh ciplukan, di antaranya analgetik, peluruh air seni, penetral racun, pereda batuk, dan mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Ayan

Cuci bersih 8-10 butir buah ciplukan lalu makan secara rutin.

Bisul

Cuci bersih 10 helai daun ciplukan lalu giling sampai halus. Turapkan halusan daun di bagian bisul dan sekelilingnya lalu balut dengan kain. Ganti obat dan balutannya 2 kali sehari.

Kencing Manis ( diabetes mellitus)

Cuci bersih 9-15 g seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Sakit Paru-Paru

Cuci bersih 9-15 g seluruh bagian tumbuhan ciplukan. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring, lalu bagi menjadi 3 bagian yang sama banyak. Minum airnya 3 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

Mungkin itulah penjelasan tentang manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh yang sangat berguna mengobati berbagai penyakit dengan cara tradisional alami agar selalu hidup sehat dan terjangkau dari penyakit.
SeeCloseComments