-->

Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tanaman wijaya kusuma adalah Epiphyllum oxypetalum Haw.
Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis :
Kandungan kimia wijaya kusuma yang sudah diketahui yaitu asam sitrat. Bungan wijaya kusuma bersifat rasa manis dan netral. Khasiatnya menghentikan pendarahan (hemostatik), meredakan batuk dan dahak, serta antiradang. Sementara itu, batang bersifat asin, dan sejuk.

Khasiat Bunga Wijaya Kusuma
Gambar bunga wijaya kusuma (sumber : google.com)
Anggota famili Cactaceae itu berkhasiat untuk mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah (hemoptysis), muntah darah (hematemetis), pendarahan pada wanita, dan hipertensi. Faedah lain untuk mengobati infeksi tenggorokan, radang lambung, sukar buang air besar, bisul, luka berdarah, bengkak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya :

Bagian tanaman bermanfaat sebagai obat adalah bunga dan batang untuk mengatasi berbagai penyakit seperti yang saya mau jelaskan dibawah ini.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Tuberkulosis Paru, Batuk Darah, dan Radang Tenggorokan

Cuci bersih 4 kuntum bunga wijaya kusuma. Tambahkan 75 g lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya dan 15 g gula ke dalam bunga. Rebus bahan dalam 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum air ramuan dalam kondisi hangat 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Pendarahan Rahim
Masak tim 2-3 bunga wijaya kusuma dan 100 g daging tanpa lemak. Setelah matang makanlah sebagai lauk dengan nasi.

Asma
Masak tim 4 kuntum bungan wijaya kusuma yang telah ditambahkan gula batu dan air secukupnya. Minum air ramuan sekaligus.

Sukar Buang Air Besar
Cuci bersih 20 g bunga wijaya kusuma dan70 g lidah buaya yang dikupas kulitnya. Rebus kedua bahan tersebut dalam 2 ½ gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum airnya dalam kondisi masih hangat.

Bisul dan Luka Berdarah
Ambil batang wijaya kusuma segar, lalu cuci bersih, giling batang hingga halus. Tambahkan air, lalu aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan ke bagian yang sakit dan dibalut bila perlu. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.

Hipertensi
Rebus bersama-sama bunga wijaya kusuma segar, 75 g akar alang-alang, dan 15 g jamur kuping hitam dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan ini 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Itulah penjelasan tentang khasiat bunga wijaya kusuma yang perlu anda ketahui sebagai obat tradisional yang berkhasiat mengatasi dan mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti yang saya jelaskan diatas.
SeeCloseComments