-->

Manfaat Khasiat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah tumbuhan kapulaga adalah amomum cardamomum willd.
Tumbuhan kapulaga ini sangat banyak akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan kita. Tumbuhan ini mmpu mengobati berbagai penyakit yang sering menggangu kesehatan tubuh kita dan sering di jadikan obat tradisional alami oleh orang bahkan sering di jadikan jamu untuk mengobati penyakit tersebut.

Manfaat Kapulaga
Gambar kapulaga (sumber : google.co.id)
Buah kapulaga memiliki rasa agak pahit dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tumbuhan kapulaga ini, di antaranya minyak terbang sineol, terpineol, dan alfaborneol, kamper, protein, gula , lemak, serta silikat. Sementara itu, efek farmakologis yang dimiliki oleh kapulaga, di antaranya untuk obat batuk, obat perut kembung, penurun panas, antitusif, peluruh darak, dan antimuntah. Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya adalah seluruh bagian tumbuhan, terutama akar dan buah kapulaga dapat digunakan untuk pengobatan penyakit serta campuran obat.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Batuk

Cuci 6 g buah kapulaga sampai bersih, lalu rebus dengan 200 ml air selama 15 menit. Dinginkan lalu minum sekligus. Ulangi pengobatan ini sampai batuk sembuh.

Bau Badan

Rebus 5 g buah kapulaga, 100 g akar alang-alang, serta 1-2 batang benalu teh (loranthus sp.) dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Saring air rebusan, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Demam dan Panas

Cuci 10 g kapulaga, 25 g pulosari, 10 g bawang putih, 25 g merica, dan 25 g kunyit sampai bersih; lalu campur menjadi satu adonan. Tumbuk halus bahan-bahan tersebut, lalu tambahkan air secukupnyansehingga membentuk larutan. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan 2 butir kuning telur ayam kampung, aduk sampai rata. Minum larutan 2-3 jam setelah makan malam setiap hari selama 1 bulan.

Kejang Perut dan Rematik

Seduh 6 g buah kapulaga yang sudah dikeringkan dengan 1 gelas air mendidih, lalu dinginkan. Minum ramuan ini sekaligus 1 gelas sehari.

Pencegah Mual

Cuci 5 g bauh kapulaga, 100 g akar alang-alang, serta 1-2 batang benalu teh (loranthus sp.) sampai bersih, lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus semua bahan sampai air rebusan tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, dan badan lemah

Cuci 5 g buah kapulaga, 100 g akar alang-alang, serta 1-2 batang benalu teh (loranthus sp.) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan, saring air rebusannya, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.


Itu dia penjelasan tentang manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh yang berguna sebagai obat tardisional alami yang mampu mengobati berbagai penyakit seperti yang tertera di atas agar selalu hidup sehat secara alami.
SeeCloseComments