-->

Manfaat Khasiat Daun Jinten untuk Kesehatan Tubuh

Nama ilmiah daun jinten adalah Coleus ambinicus Lour. Tumbuhan daun jinten memiliki rasa getir, beraroma harum, hangat, agak asam, dn membuat rasa tebal di lidah. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada daun jinten, di antaranya kalium dan minyak asiri 2% yang mengandung karvakrol serta fenol. 

Manfaat Daun Jinten

Efek farmakologis daun jinten, di antaranya peluruh kentut, penghilang lelah dan letih, anti-asma, penurun panas, anti-septik, pengencer dahak, anti-batik, serta astringen. Bagian daun atau seluruh bagian dari tumbuhan daun jinten dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti berikut.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Aphodisiak (obat kuat)

Cuci bersih 7 lembar daun jinten lalu makan sebagai lalap. Lakukan setiap hari setiap makan.

Asma dan Batuk

Cuci bersih 10 lembar daun jinten segar dengan air matang, tumbuk sampai halus seperti bubur. Peras, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari, dan gosokan ampas ke seluruh badan.

Demam

Cuci bersih 10 helai daun jinten segar ukuran segar dengan air matang tumbuk sampai halus sehingga seperti bubur. Peras, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari, dan gosokan ampasnya ke seluruh badan.

Rematik

Cuci bersih 20 helai daun jinten segar alau giling sampai halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya , aduk rata, remas, lalu simpan dalam wadah yang kering. Oleskan dan gosokan bubur daun secara merata pada bagian yang sakit sekaligus 1 kali sehari.

Itulah penjelsan tentang manfaat daun jinten untuk kesehatan tubuh yang sangat yang perlu anda ketahui yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit agar selalu hidup sehat dengan pengobatan tradisional alami.
SeeCloseComments