-->

Manfaat Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Pegagan mempunyai rasa manis dan bersift sejuk. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pegagan, diantaranya asiaticoside, thankunside, madeccasoide, brahmocide, brahmi acid, meso-inosetol, centellose, carotenoids, garam K, Na, Ca, Fe, vellarine, tanin, mucilago, resin pektin, gula, dan vitamin B. Efek farmakologis pegagan, diantaranya anti infeksi, antiracun, penurun panas, peluruh air seni, antilepra, dan anti sifilis. Daun pegagan berfungssi sebagai astrigensia dan tonikum. Pegagan juga dikenal untuk revitalisasi tubuh dan otak yang lelah serta untuk kesuburan wanita.


Manfaat Daun Pegagan

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Infeksi Saluran Kencing atau Kencing Keruh

Cuci bersih 90 g daun pegagan segar, ¼ genggam sambiloto, 1 jari kunyit, ¼ genggam kumis kucing, ¼ genggam tempuyung, dan 3 lembar daun alpukat. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari.

Panas

Rebus segenggam pegagan bersama 3 butir adas, sepotong kulit batang pulosari, dan 1 siung bawang merah dengan 3 cangkir air sampai tersisA 1 cangkir. Saring air rebusannya, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.
Darah Tinggi
Rebus 20 lembar daun pegagan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Minum hasil rebusannya 3 kali sehari masing-masing sebanyak ¼ gelas.

Batuk Asma

Tumbuk 1 genggam pegagan, 7 daun randu, dan gula aren secukupnya. Tambahkan 1 cangkir air, saring, lalu minum air hasil sringannya setiap pagi.

Sakit Kepala

Rebus segenggam daun pegagan dan ¼ sendok jinten dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Saring air rebusannya, lalu minum sekaligus saat masih hangat.

Nah sudah saya uraikan manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang sangat berguna mengobati berbagai penyakit seperti diatas yang merugikan kesehatan kita. Agar selalu sehat gunakan pengobatan tradisional alami yang relatif murah dan manfaatnya sangat terbukti.
SeeCloseComments